Semarak, Pengibaran Bendera Merah Putih Sepanjang 1000 M di Salatiga

Angga Rosa
Siswa SMAN 1 Salatiga bersama dengan alumni dan masyarakat umum membentangkan bendera merah putih 1000 meter memperingati Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022. Foto : Ist

SALATIGA, iNewsSemarang.idPeringatan Hari Sumpah Pemuda di Kota Salatiga digelar tidak seperti biasa. Ratusan siswa SMAN 1 Salatiga bersama alumni yang tergabung Ikasmanssa dan masyarakat umum membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter.

Pengibaran bendera raksasa tersebut dilakukan di kawasan alun-alun Pancasila, Jumat (28/10/2022) pagi. Seusai para siswa mengikuti upacara di sekolag, mereka lantas turun ke jalan untuk membentangkan bendera raksasa bersama dengan para alumni.

Bendera sepanjang 1 kilometer tersebut dipegang sekitar seribu orang. Adapun titik awal pembentangan bendera di tempatkan di alun-alun Pancasila, Salatiga.

Ketua Umum IKASMANSSA Pudjo Suseno mengatakan, ide pengibaran bendera ini muncul sebagai wujud jiwa patriotik yang dimiliki dari berbagai lapisan generasi bangsa, khususnya di Salatiga. "Ini wujud rasa patriotik kami, wujud kebangsaan kami," katanya.

Dalam menggelar kegiatan ini, Ikasmanssa mengajak seluruh lapisan masyarakat Salatiga. Dengan ada pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer ini, diharapkan setiap hari ada rasa kebanggaan dan patriotik tertanam di jiwa anak muda.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat Salatiga, Pemkot Salatiga, Polres Salatiga, Kodim 0714/ Salatiga, pelajar dan mahasiswa se-Salatiga yang telah berpatisipasi dalam pengibaran bendera sepanjang 1 kilometer ini," ucapnya.

Pudjo menuturkan, Ikasmanssa mempunyai tiga visi yaitu guyub, gayeng dan migunani menjadi bagian dari pembangunan Kota Salatiga.

Sementara itu, pembentangan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer yang diiringi dengan irama musik drumblek ini mendapat sambutan dari masyarakat.

“Ini kegiatan yang sangat baik dan bisa menggugah semangat pemuda untuk tekun belajar agar bisa menjadi generasi penerus bangsa yang handal. Saya bangga bisa mengikuti kegiatan ini,” kata Dinda (16 tahun) siswa SMA Negeri 1 Salatiga. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network