Selisih Suara Tipis, KH Mustamsikin Akhirnya Terpilih Pimpin PCNU Kendal

Agus Riyadi
KH Mustamsikin (kanan) bersama Ahmad Khoeron di acara Konfercab NU.(ist)

 

KENDAL, iNewsSemarang.id - KH Mustamsikin, mantan Wakil Bupati Kendal periode 2009-2014 akhirnya terpilih dalam Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama untuk memimpin Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kendal periode 2022-2027. Dia berhasil mengungguli Ahmad Khoeron dengan selisih 6 suara dalam Konfercab NU yang digelar di SMKNU 1 Kendal, Sabtu (24/12/2022).

Total suara yang diraih Mustamsikin di Konfercab NU ini sebanyak 153 suara. Sementara Ahmad Khoeron mendapatkan 147 suara.

Ketua Panitia Konfercab NU, Muh Izudin menuturkan, konfercab kali ini disambut antusias oleh pengurus NU yang ada di ranting-ranting. Hal ini terbukti dengan hasil yang tak jauh berbeda diantara kandidat yang bertarung di Konfercab NU ini.

"Awalnya ada 6 kandidat yang maju di Konfercab ini. Namun setelah dilakukan pemilihan putaran pertama, keempat kandidat lainnya dinyatakan gugur dan pemilihan dilanjutkan kembali. Dua calon yang memiliki suara terbanyak bertarung di pemilihan putaran kedua," ujarnya.

Enam calon yang mengikuti pemilihan putaran pertama, diantaranya yakni Syamsul Huda memperoleh 87 suara. KH Mustamsikin memperolehan 91 suara, Ahmad Khoeron memperoleh 101 suara. Sajidin memperoleh 14 suara, Dja'far Baehaqi 9 suara dan Khotibul Umam 1 suara.

Kondisi perolehan suara di pemilihan putaran kedua berbanding terbalik dengan pemilihan putaran pertama. KH Mustamsikin yang awalnya memperoleh 91 suara, kini memperoleh 153 suara diputaran kedua. Sementara, perolehan suara Ahmad Khoeron yang mengalami kenaikan signifikan tetap tidak mampu untuk menyalip hasil perolehan suara dari rivalnya.

Izudin mengatakan, total pemilih di Konfercab NU ini sebanyak 303 orang. Mereka adalah para pengurus NU ditingkat ranting dan MWC kecamatan. Dari jumlah ratusan pemilih tersebut, hanya ada 3 suara yang dinyatakan tidak menggunakan haknya.

"Hal ini tentu menunjukkan bahwa selama ini benar-benar ada sebuah pembinaan yang dilakukan PCNU terhadap ranting," sebut dia.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network