Hati-Hati, 4 Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Seseorang Rentan Terserang Batuk Pilek

Dyah Ratna Meta Novia , Okezone Jurnalis
Batuk dan pilek (Foto: Allen county)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Menurunnya daya tahan tubuh seseorang di tengah cuaca ekstrem seperti hujan badai disertai angin, cenderung lebih rawan terkena batuk dan pilek.

Kedua penyakit ini bisa menyerang siapapun dan tak pandang batas usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa, pria atau wanita dapat menjadi sasaran batuk dan pilek. Sebelum mulai menyerang, tubuh yang sudah terinfeksi virus penyebab pilek biasanya membutuhkan waktu hingga 3 hari untuk menunjukkan gejala.

Masyarakat sering menganggap remeh kedua jenis penyakit ini, jika batuk dan pilek terus menerus diabaikan tak kunjung sembuh hingga aktivitas individu pun terganggu. Ulasan bawah ini akan membahas empat faktor pemicu seseorang yang rentan terkena batuk dan pilek.

1. Alergi

Mata berair ketika pilek kemungkinan besar disebabkan oleh rinitis alergi. Oleh sebabnya, jika anda jatuh sakit pada waktu tertentu dan tempat tertenu, anda diprediksi mengalami alergi. Alergi ini bisa akut dan kronis apabila disepelekan, sangat penting untuk mencoba mengenali penyebabnya. Pastikan selalu menjaga diri dan tubuh selalu terhidrasi, sehingga membantu meringankan gejala.

2. Lemahnya sistem imun tubuh

Keberadaan flu dan pilek musiman berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Rentannya seseorang terkena batuk pilek bahkan hampir tiap perubahan musim, sehingga perlu membuat perubahan gaya hidup kecil. Misalnya, meningkatkan kekebalan dengan ramuan jahe dan madu, hindari makanan dingin setiap kali cuaca berfluktuasi.

3. Flu musiman

Gejala flu musiman dan virus, lumrah terjadi. Tibanya musim dingin membuat anda mengalami salah satu penyakit ini. Kemungkinan faktor-faktor penyebab rawannya seseorang tertular flu musiman dan virus, seperti tidak mengenakan pakaian hangat, makan tidak sehat, kebersihan yang tidak terjaga, menghindari sayuran hijau.

4. Genetik

Jika sala satu orangtua anda rentan terhadap alergi, biasanya akan menurun pada anda, sehingga anda memiliki riwayat alergi. Sangat penting untuk senantiasa memeriksakan diri ketika batuk pilek dan segera hubungi dokter.

Namun, jika batuk dan pilek tak kunjung reda sepanjang tahun, anda bisa mempertimbangkan untuk mendapat suntikan flu pasca berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bisa membantu anda lepas dari rasa ketidaknyamanan untuk beraktivitas karena pilek dan batuk. (Mg/ Shinta)

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network