Jangan Panik! Pakai 7 Cara Ini Atasi Laptop Nge-Hang

Nokanita Istiyana
Cara Mengatasi Laptop Hang (Foto: Windows/Unsplash)

2. Cek starting windows  

Penyebab lain hang, biasanya ketika Anda membuka aplikasi, tetapi bisa juga melakukan proses booting. Maka Anda dapat memindai registry menggunakan CCleaner atau bisa juga memakai antivirus. Jika masalah masih terjadi, kemungkinan RAM yang Anda gunakan kotor. Maka, bersihkan segera RAM Anda dengan menghapus vacuum cleaner atau karet.

3. Perbarui Windows 

Jika Anda telat mengupdate pembaruan Windows, maka laptop dapat terkena hang atau gagal fungsi. Sehingga, saran yang perlu Anda coba adalah memperbarui Windows sesuai dengan massanya. Perlu diperhatikan pula, gunakan program Windows resmi dari Microsoft Windows agar selalu mendapatkan unduhan versi terbaru. Namun, jika anda menggunakan Windows 10, opsi pembaruan akan diaktifkan secara langsung.

4. Pasang Cooling Pad atau Fan agar laptop tidak overheat 

Seperti alat elektronik lainnya, saat prosesornya tidak bisa berfungsi optimal, laptop juga akan melambat. Hal dikarenakan laptop panas atau overheat. Kinerja laptop akan melambat saat mengalami overheat karena penurunan fungsi prosesornya. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan Cooling Pad atau Fan agar suhu laptop dapat lebih stabil.

5. Pindai Malware

Malware merupakan jenis perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada laptop atau komputer. Maka dari itu, ketika laptop mengalami hang Anda bisa mengatasi dengan cara pemindahan malware.

Pemindahan ini bertujuan untuk melihat apakah ada virus yang membuat laptop macet atau hang. Anda bisa menggunakan Malwarebytes gratis, dan biarkan program tersebut bekerja memindahkan hard drive Anda dan lihatlah apakah ada virus di laptop Anda.

Editor : Agus Riyadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network