JAKARTA, iNewsSemarang.id – Kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadinya dapat menjadi alasan terjadinya kejahatan perbankan. Oleh karena itu, nasabah hendaknya menjaga keamanan rekeningnya masing-masing agar terhindar dari pembobolan.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tips menjaga keamanan rekening melalui postingan akun media resminya. Diantaranya sebagai berikut:
- Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.
- Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jadi, setiap transaksi di rekening baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.
- Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan.
- Cek histori rekening atau saldo secara berkala melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.
- Berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.
- Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.
Anda juga harus berhati-hati dengan orang yang ada di sekitar ATM ataupun yang menawarkan bantuan sehingga mengetahui password atau melakukan kloning kartu anda. Selain itu, jika anda mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank.
(Mg/Fitri Arifah)
Editor : Maulana Salman
Artikel Terkait