Melayani Lebih Dekat, Ditjen AHU Buka Layanan di Banjarnegara Expo dan Festival Produk Lokal 2023

Eka Setiawan
Kemenkumham RI turut berpartisipasi dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke-452 dan memeriahkan Banjarnegara Expo dan Festival Produk Lokal 2023, Rabu (22/2/2023). Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jateng Direktorat AHU

BANJARNEGARA, iNewsSemarang.id - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) terus berusaha melayani lebih dekat kepada masyarakat. Kali ini, Ditjen AHU hadir di Kabupaten Banjarnegara untuk melayani masyarakat Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo dan sekitarnya. 

"Bagi masyarakat yang akan mencari informasi dan konsultasi layanan AHU Online termasuk pelaku UMK yang akan mendaftarkan usahanya berbadan hukum PT Perorangan yuk merapat," kata Pranata Kehumasan Ditjen AHU Kemenkumham RI, Novita, di Plataran Alun-alun Banjarnegara, Jawa tengah. Rabu (22/2/23).

Hadirnya Ditjen AHU di Banjarnegara bukan tanpa alasan, hal ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke-452 dan memeriahkan Banjarnegara Expo dan Festival Produk Lokal 2023.

"Hadirnya Ditjen AHU di tengah masyarakat Kabupaten Banjarnegara merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk selalu memberikan pelayanan publik yang prima dan terbaik," ujar Novita

Pameran ini digelar secara nasional dan melibatkan berbagai instansi pusat dan daerah. Rangkaian kegiatan meliputi pameran nasional, produk UMKM & start up, pariwisata dan ekonomi kreatif, industri & perdagangan, pertanian, bisnis & investasi dan pelayanan publik.

Menghadirkan layanan AHU Online, masyarakat dapat berkonsultasi secara gratis mengenai layanan yang dimiliki Ditjen AHU seperti layanan Perseroan Terbatas, Perseroan Perorangan, Perkumpulan, Kenotariatan, Kewarganegaraan, Pewarganegaraan, Apostille, dan berbagai layanan lainnya selama kegiatan expo berlangsung.

Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan Banjarnegara memiliki potensi UMK yang sangat besar dan membantu roda perekonomian di kabupaten Banjarnegara. Selain itu, Banjarnegara juga memiliki potensi wisata alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya.

"Untuk itu kami minta dukungan kepada semua masyarakat agar potensi Banjarnegara dapat dimaksimalkan dengan baik," kata bupati.

Pelaksanaan expo ini adalah salah satu upaya pemerintah kabupaten Banjarnegara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

 "Expo ini adalah sarana untuk mendorong akslerasi pemulihan perekonomian di kabupaten Banjarnegara," ucap bupati

Ningsih, pengunjung stand Ditjen AHU menuturkan, hadirnya layanan AHU di Banjarnegara sangat membantu masyarakat terutama pelaku UMK. Pasalya, saat ini para pelaku UMK kerap kesulitan mendaftarkan usahanya berbadan hukum.

"Sangat membantu kami dalam permohonan badan usaha PT perorangan, karena bisa dikatakan kami sangat minim informasi terkait pendirian badan usaha," tutur Ningsih.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network