JAKARTA, iNewsSemarang.id – Informasi ini mungkin berguna bagi Anda yang sudah terlanjur memesan tiket kereta api secara online namun terpaksa harus membatalkan perjalanan karena sebab-sebab tertentu.
Refund atau pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan sesuai ketentuan dan batas waktu yang ditentukan. Anda bisa membatalkan tiket secara online melalui aplikasi KAI Access atau datang ke customer service di stasiun kereta api terdekat.
Mengutip dari laman resmi KAI, berikut syarat dan ketentuan refund atau pembatalan tiket secara online dan offline berbeda:
Syarat refund tiket kereta api online
1. Pembatalan tiket harus dilakukan oleh penumpang yang datanya terdaftar pada aplikasi KAI Access dan menggunakan akun KAI Access orang yang bersangkutan.
2. Pembatalan tiket melalui KAI Access bisa dilakukan paling lambat 3 jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking harus berstatus paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Apabila lewat dari waktu tersebut, maka pembatalan tiket harus dilakukan di loket stasiun.
3. Pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25 persen dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
4. Refund hanya dilakukan melalui transfer bank ke nomor rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket.
5. Jika terjadi kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun. Penumpang akan mendapat pemberitahuan melalui SMS blast.
6. Pembatalan tiket secara online juga bisa dilakukan bagi penumpang yang sebelumnya melakukan pembelian lewat situs online selain aplikasi KAI Access dan kode booking dapat masuk ke menu My Trip dan nama penumpang akan terdaftar sebagai user KAI Access.
7. Anda bisa menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id untuk informasi lebih lanjut.
Refund tiket kereta api online
Setelah syarat dan ketentuan dipenuhi, Anda bisa melakukan refund atau pembatalan tiket kereta api secara online. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Buka aplikasi KAI Access di HP Anda.
- Pilih menu Tiket, lalu pilih kode pemesanan tiket yang hendak Anda batalkan.
- Pilih menu Kelola Pemesanan, lalu klik tombol Pembatalan.
- Pembatalan berlaku paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan.
- Selanjutnya, pilih nama penumpang yang hendak dibatalkan perjalanan kereta apinya.
- Baca dan pahami Syarat & Ketentuan.
- Centang di kolom Syarat & Ketentuan.
- Lalu, klik tombol Lanjut.
- Di bagian Akun Bank, masukkan akun bank Anda dan nomor rekening dengan benar. Akun Bank ini akan digunakan untuk pengembalian bea (refund) setelah dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket kereta api.
- Anda akan diarahkan ke halaman Konfirmasi.
- Pastikan data pembatalan tiket kereta sudah benar.
- Setelah itu, klik tombol "Ya Saya yakin" untuk melanjutkan proses pembatalan. Selamat proses pembatalan tiket kereta api telah berhasil.
- Tunggu proses pengembalian bea (refund) dilakukan selama 30-45 hari setelah pembatalan.
Begitulah ulasan terkait syarat dan cara refund tiket kereta api secara online.
(Mg/Fitri Arifah)
Editor : Maulana Salman
Artikel Terkait