KPU Kota Semarang Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara, Sebanyak 525 Tenaga Dikerahkan

Mualim
Pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara oleh tenaga sortir lipat di Gudang Logistik KPU Kota Semarang, Rabu (3/1/2024). Foto: iNews / Mualim

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mulai melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu 2024. Sebanyak 525 orang yang terbagi menjadi 105 tim dikerahkan untuk mengebut penyelesaian proses tersebut.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menargetkan proses itu bisa rampung dalam 15 hari kedepan. Setiap tenaga sortir lipat harus memastikan surat suara dalam keadaan baik. 

"Kemarin kita sudah ada rapat di sini melibatkan 105 ketua timnya untuk mensosialisasikan mengenai apa-apa saja yang boleh dan apa-apa saja yang tidak boleh, seperti kuku, bawa bolpoin, bawa handphone dan lain-lain sebagainya, alurnya sudah kita jelaskan," ungkap Nanda sapaan akrabnya di gudang logistik KPU Kota Semarang Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Blok E2/39, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Rabu (3/1/2024).

Nanda menerangkan, dalam penyortiran dan pelipatan surat suara diawasi pula oleh pihak kepolisian, Bawaslu dan tim pengawas internal KPU, yang mamastikan surat suara sesuai dengan jumlahnya, baik saat mulai dihitung dan dikembalikan ke petugas.

"Pengawasan ada dari Kepolisian, dari Bawaslu, mereka akan melihat untuk mengawasi bersama-sama. Kami juga memiliki tim pengawas juga, yang mengawasi juga proses sortir lipat. Jadi nanti teman-teman (tenaga sortir lipat) tidak mengambil surat suara sendiri, tapi nanti ada yang mengantarkan," terang Nanda.

Kemudian, lanjutnya, setelah dilipat, sebelum dikembalikan surat suara akan dicek dulu oleh tim pengawasnya untuk memastikan kesesuaian jumlahnya. Lalu setelah dilipat dikumpulkan dalam ikatan. 

"Jadi kalau surat suara DPR (DPRD) itu isi 10, kalau untuk Presiden dan DPD isi 25, apakah jumlahnya sama. Karena memang fokus kita adalah memastikan bahwa semua surat suara itu dalam keadaan baik, mereka harus membuka dulu, melihat apakah itu gambarnya ada yang buram atau warnanya ada yang salah, apakah ada yang cacat, misalnya ada bekas bolong dan lain sebagainya, setelah itu dilaksanakan baru kemudian dilipat," jelasnya.

Ia menargetkan sortir lipat surat suara Pemilu 2024 sebanyak 3000 surat suara per hari per tim atau kelompok, dengan jumlah tim sebanyak 105 dan 1 tim memiliki anggota sebanyak 5 orang.

"Pelaksanaannya dari jam 9 sampai jam 4 sore. Tapi inikan hari pertama, dari hasil estimasi kita harusnya cukup waktunya. Tapi nanti kita lihat, apakah terlalu lama atau jangan-jangan terlalu cepat," jelas Nanda.

Dan dipastikan pula untuk keamanan, imbuhnya, setelah selesai mengerjakan penyortiran dan pelipatan surat suara, tenaga sortir lipat yang akan keluar ruangan, akan digeledah lagi untuk memastikan apakah mereka membawa barang-barang yang harusnya tidak dibawa oleh para tenaga sortir lipat tersebut.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network