Baking Soda Bisa Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta?

Nurul Amanah/Arni Sulistiyowati
Baking soda untuk bersihkan karang gigi. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Baking soda adalah salah satu pembersih alami yang bersifat abrasif, artinya baik untuk digosok. Bubuk putih halus ini banyak digunakan di rumah tangga.

Soda kue (natrium bikarbonat) atau yang dikenal sebagai bahan ragi ini memiliki banyak manfaat, lebih dari sekadar membuat roti mengembang namun juga disebut-sebut bisa memutihkan gigi, mitos atau fakta?

Melansir dari Healthline, Rabu (10/1/2024) salah satu kegunaannya yang paling populer adalah sebagai pembersih dan pemutih gigi. Menyikat gigi dengan baking soda dapat membantu mengurangi plak dan memutihkan gigi, serta manfaat lainnya.

Meskipun soda kue tidak dapat melindungi gigi berlubang seefektif pasta gigi berfluorida, soda kue tetap dianggap sebagai bahan pembersih yang baik untuk gigi. Pasta gigi yang mengandung soda kue telah terbukti memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Soda kue memiliki khasiat memutihkan secara alami dan terbukti efektif menghilangkan noda pada gigi dan memutihkan senyum. Itu sebabnya baking soda merupakan bahan populer di banyak pasta gigi komersial. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa soda kue merupakan bahan abrasif ringan yang mampu menghilangkan noda di bagian luar gigi.

Meskipun fluorida adalah unsur alami yang melimpah di air dan udara serta terdapat di tulang dan gigi kita, tambahan fluorida dalam pasta gigi memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan gigi. Menggunakan soda kue sebagai satu-satunya pasta gigi tidak menghasilkan fluorida topikal seperti yang terdapat di banyak pasta gigi komersial.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network