Program Prioritas Semarang 2024: Pembangunan Masjid Raya BSB hingga Penanganan Banjir-Rob

Dimas Yuli
Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu meninjau pembangunan penahan rob di Tambaklorok. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti menyebut Pemkot Semarang memiliki sejumlah program prioritas yang akan dijalankan pada tahun 2024 ini. 

Sejumlah pembangunan dan pengadaan-pengadaan akan dilakukan sesuai perencanaan. "Ada sejumlah program prioritas. Yang pertama adalah menyelesaikan PR (pekerjaan rumah) yang sempat tertunda di 2023, yakni pembangunan Masjid Raya di BSB Mijen," ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Menurutnya, pemkot telah menyelesaikan basic desain dan DED (Detail Engineering Design), sehingga tahun ini akan digenjot proses pembangunannya. Selanjutnya, kata Mbak Ita, program prioritas kedua yakni mengurangi kawasan kumuh di Kota Semarang. 

"Kami ingin mengurangi kawasan kumuh di Kota Semarang. Karena masih ada 177 hektare wilayah di Semarang yang dinilai perlu pembenahan. Memang bukan yang kumuh sekali, namun paling tidak sebagai ibu kota Jawa Tengah, wajah Kota Semarang perlu penanganan serius," jelasnya.

Mbak Ita menyebut, penanganan permasalahan banjir juga menjadi program prioritas dirinya di tahun 2024. Pompa-pompa pengendali banjir juga direncanakan dilakukan penambahan, dengan pengadaan. "Kami prioritaskan pengadaan pompa-pompa untuk mengatasi banjir. Kolaborasi dengan Kementerian PUPR juga semakin masif. Hal ini karena ada beberapa PR yang masih belum selesai di 2024 ini salah satu tol tanggul laut," paparnya. 

"Tol Semarang-Demak yang berfungsi sebagai tanggul laut masih dalam pengerjaan. Semoga dengan rampungnya proyek tersebut permasalahan banjir rob bisa diatasi," kata dia. 

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network