Luar Biasa, Realisasi Belanja APBD Kota Semarang Tertinggi se-Indonesia Tahun 2023

Dimas Yuli
Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (IST)

Mbak Ita menyampaikan harapannya bahwa pada tahun anggaran 2024, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dapat meningkatkan serapan anggaran dan mencapai realisasi pendapatan secara optimal.

Kinerja Pemkot Semarang tersebut juga memperoleh apresiasi dari Dr Zulkifli, akademisi Universitas Semarang. Menurutnya pembangunan suatu daerah dapat terwujud bila ada dua hal yang terpenuhi, yakni kepemimpinan yang baik dan kinerja fiskal yang tinggi. Kepemimpinan Mbak Ita dan rasio kapasitas fiskal yang baik menjadi modal positif bagi Kota Semarang dalam akselerasi pembangunan. 

Dalam catatannya, Zulkifli mengungkapkan bahwa Kota Semarang memiliki rasio kapasitas fiskal sebesar 2,45 dan masuk dalam kategori kapasitas fiskal sangat tinggi. Di antara seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah, Kota Semarang memiliki kapasitas fiskal paling tinggi bahkan dengan jarak yang tinggi pula. Sebagai gambaran Kota Surakarta yang menduduki peringkat kedua memiliki rasio fiskal sebesar 2,02.

Sementara Kepala BPKAD Kota Semarang, Tuning Sunarningsih menuturkan, bahwa capaian ini merupakan komitmen dari pimpinan dan seluruh jajaran OPD. "Selain itu, juga arahan dari ibu wali kota bahwa ibu wali kota sering menyampaikan kepada jajaran OPD untuk selalu melaksanakan anggaran APBD secara efektif dan efisien," terang Tuning.

Di samping itu juga adanya evaluasi yang setiap bulan dilakukan oleh Wali Kota Semarang agar seluruh jajaran OPD hingga tingkat kecamatan dan kelurahan berkomitmen untuk menggunakan anggaran APBD sesuai dengan perencanaan. 

Pihaknya pun merasa optimistis jika realisasi belanja Kota Semarang tahun anggaran 2024 bisa lebih baik dari tahun lalu. "Berdasarkan pengalaman di 2023 lalu kita bisa, maka saya yakin dan percaya untuk tahun 2024 ini serapannya akan lebih baik lagi, karena penganggarannya sudah jauh lebih baik," ujarnya.
 

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network