Rekor Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Kemenangan Clean Sheet hingga Pencetak Gol Termuda

Djanti Virantika
Timnas Indonesia mencetak sejumlah rekor di Piala Asia 2023(foto PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id –  Timnas Indonesia mencetak sejumlah rekor di Piala Asia 2023 menarik diulas. Di antaranya Ernando Player of The Match hingga Marselino Ferdinan pencetak gol termuda.

Ya, Timnas Indonesia sejauh tampil cukup baik di Piala Asia 2023. Dari 2 laga yang telah dijalani di fase Grup D, skuad Garuda sudah berhasil meraih 3 poin. 

Di laga perdana Grup D, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Irak dengan skor 1-3. Tetapi, di matchday kedua yang digelar pada Jumat 19 Januari 2024, Timnas Indonesia sukses merebut kemenangan. Mereka melibas Vietnam dengan skor 1-0 lewat gol Asnawi Mangkualam

Kini, Timnas Indonesia pun terus menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Selain itu, skuad Garuda juga sukses mengukir sejumlah rekor. Apa saja? 

Sebagaimana dilansir dari akun Instagram @timnas.indonesia, berikut 4 rekor yang dicetak Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

4 Rekor Timnas Indonesia di Piala Asia 2023  

1. Player of The Match

Rekor ini diukir oleh Ernando Ari. Dia mendapatkan gelar fantastis itu usai bermain fantastis di laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

Ernando yang berhasil melakukan banyak penyelamatan penting bisa membuat gawang Timnas Indonesia tak kebobolan satu gol pun oleh Vietnam. Kesuksesannya menjadi player of the match pun membuat Ernando menyamai rekor Hendro Kartiko pada 2000. 

“Ernando Ari jadi kiper kedua Indonesia yang mendapatkan gelar player of the match setelah Hendro Kartiko pada 2000 (vs Kuwait) dan 2004 (vs Qatar),” tulis akun Instagram @timnas.indonesia.

 2. Kemenangan Clean Sheet

Di urutan kedua, ada rekor soal kemenangan clean sheet yang dicetak Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Catatan itu terukir saat melawan Timnas Vietnam. 

Kemenangan 1-0 dalam laga itu juga sekaligus membuat Vietnam tersingkir dari Piala Asia 2023. “Kemenangan dengan clean sheet pertama dalam sejarah Indonesia di Piala Asia,” tulis akun Instagram @timnas.indonesia. 

3. Gol Penalti 

Kemudian, rekor yang dicetak Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 soal gol penalti. Rekor itu dicetak oleh Asnawi Mangkualam. 

Diketahui, Timnas Indonesia mendapat hadiah penalti saat melawan Vietnam karena Rafael Struick dilanggar di kotak terlarang. 

Asnawi yang maju sebagai algojo sukses memainkan perannya dengan baik hingga berbuah gol. “Gol Asnawi Mangkualam merupakan gol penalti pertama Indonesia di Piala Asia,” tulis Instagram @timnas.indonesia. 

4. Pencetak Gol Termuda

Salah satu rekor yang dicetak di Piala Asia 2023 adalah pencetak gol termuda di skuad Timnas Indonesia. Rekor ini diukir oleh Marselino Ferdinan. 

Marselino memang sukses mencetak satu gol saat Timnas Indonesia melawan Irak pada 15 Januari 2024. Golnya tercipta begitu cantik usai memanfaatkan umpan ciamik dari Yakob Sayuri. 

Meski gol itu gagal membawa Timnas Indonesia menang, Marselino berhasil mengukir rekor ciamik. Dia menjadi pencetak gol termuda Indonesia di Piala Asia 2023. 

Sebelumya, rekor itu dipegang oleh Ponaryo Astaman pada Piala Asia 2004. Kala itu, usia Ponaryo 25 tahun.  
 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network