Kota Semarang Terhindar dari Banjir hingga Awal Maret 2024, Ini Kata Ahli Hidrologi

Dimas Yuli
Ahli Hidrologi Universitas Semarang (USM), Edy Susilo. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Penanganan persoalan banjir di Kota Semarang dinilai cukup efektif dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Tercatat, musim hujan sejak Desember 2023 hingga awal Maret 2024, Ibu Kota Jawa Tengah (Jateng) tersebut terhindar dari banjir maupun genangan.

Ahli Hidrologi Universitas Semarang (USM), Edy Susilo mengatakan, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam mencegah banjir mulai terlihat dengan menurunnya luas wilayah genangan.

Termasuk, kontrol saluran dan pompa-pompa air di sejumlah titik. Edy mengatakan, pemantauan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu tersebut menunjukkan simbol pemimpin hadir di tengah masyarakat.

"Memang saya perhatikan jelang musim hujan lalu sudah sangat mengaktivasi pompa-pompa, kemudian saluran dibersihkan, upaya-upaya itu ternyata dapat menurunkan terjadinya banjir," kata Edy, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, intensitas hujan yang terjadi akhir dan awal tahun ini tidak setinggi sebelum-sebelumnya ketika Kota Semarang diterjang banjir. Namun demikian, dia menyebut, upaya mengantisipasi banjir amat signifikan.

Terlebih koordinasi lintas sektor antara Pemkot Semarang di dalamnya Dinas Pekerjaan Umum dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana yang juga sangat maksimal.

"Dilihat dari upaya sudah bagus, dimulai dari pompa di Tenggang, walau kewenangan BBWS, tetapi DPU melakukan kontrol dulu," ujar Dosen Teknik Sipil USM tersebut.

Fokus penanganan banjir di Kota Semarang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), dan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD).

Meski begitu, orang nomor satu di Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita tersebut, dinilai Edy, memiliki perhatian lebih dalam upaya menurunkan banjir dan genangan.

"Bagus, memang saya lihat komitmen Mbak Ita dalam penanganan banjir sangat intens sekali perhatiannya. Kemarin sampai turun langsung penanganan, dia memimpin kontrol kondisi saluran dan pompa," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network