Gunung Merapi Semburkan Guguran Lava Pijar Sejauh 1,7 Km ke Arah Kali Bebeng

Erfan Erlin
Gunung Merapi memuntahkan guguran lava pijar sejauh 1,7 Km ke arah Kali Bebeng, Minggu (12/5/2024). (foto MPI)

YOGYAKARTA, iNewsSemarang.id - Gunung Merapi di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memuntahkan guguran lava pijar sejauh 1,7 Km ke arah Kali Bebeng, Minggu (12/5/2024).

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkapkan sepanjang Minggu pagi cuaca di puncak Gunung Merapi berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 23.7-25 °C, kelembaban udara 68-82 %, dan tekanan udara 874-918 mmHg. 

Aktivitas kegempaan lain adalah terjadi 32 kali gempa Guguran dengan Amplitudo : 3-13 mm dan berdurasi 21.8-178 detik. 1 kalo Gempa Low Frekuensi dengan Amplitudo 3 mm, Durasi : 8.4 detik. 1 kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan Amplitudo 3 mm, S-P : 0.3 detik, Durasi : 6.5 detik)

Tingkat aktivitas Gunung Merapi Level III atau Siaga. BPPTKG menyebut Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network