Sosok Dian Andriani Kowad Pertama Raih Pangkat Mayjen, Pernah Bertugas di Kesdam Diponegoro

Sucipto
Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita berjabat tangan dengan Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi saat upacara korps kenaikan pangkat di Mabesad. Foto/Dispenad

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Sosok Dian Andriani Ratna Dewi menjadi prajurit wanita Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama dalam sejarah TNI Angkatan Darat (AD) yang berhasil meraih pangkat Jenderal Bintang Dua atau Mayor Jenderal (Mayjen). 

Dian Andriani naik pangkat setelah menduduki jabatan sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan). Jabatan itu diembannya sejak 1 April 2024. 

Dikutip dari laman resmi TNI AD pada Jumat (17/5/2024), Dian Andriani merupakan satu dari 46 Pati TNI AD yang mendapatkan kenaikan pangkat. 

Upacara kenaikan pangkat sendiri dipimpin langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tandyo Budi Revita di Mabesad, pada Rabu (15/5/2024).

Tercatat, ada tujuh Pati berpangkat Mayjen TNI dan 39 Pati berpangkat Brigjen TNI yang melaporkan kenaikan pangkatnya kepada Wakasad. Sebagian di antaranya yakni, 28 Pati bertugas di dalam struktur TNI AD, sementara 18 Pati lainnya berdinas di luar struktur TNI AD. 

Dian Andriani merupakan prajurit TNI AD kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 3 Juni 1966. Tamat sekolah dari SMUN 2 Ujung Pandang, Sulawesi Selatan (Sulsel), dia melanjutkan pendidikannya di Sepamilsuk II yang kini bernama Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (Sepa PK TNI) pada 1989.

Dian Andriani kemudian melanjutkan pendidikan S1 dan Profesi Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) pada 1992. Di tahun yang sama dia juga mengikuti pendidikan militer di Sussarcabkes. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network