Putin Terjunkan 2 Pesawat dan 50 Prajurit Terbaik Rusia Selamatkan Presiden Iran

Anton Suhartono
Vladimir Putin mengerahkan 2 pesawat dan 50 prajurit terbaik Rusia untuk menyelamatkan Presiden Iran Ebrahim Raisi (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsSemarang.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin langsung menemui Duta Besar Iran di Moskow, Kazem Jalali usai mendengar kabar kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi, Minggu (19/5/2024) malam.

"Putin, meskipun Minggu adalah hari libur di Rusia, mengadakan pertemuan pada pukul 22.00 didampingi para pejabat senior pertahanan dan keamanan negara. Atas undangan tersebut, saya menghadiri pertemuan ini sebagai Duta Besar Republik Islam," kata Jalali, seperti dilaporkan IRNA, Senin (20/5/2024).

Tak tanggung-tanggung, Putin membawa Menteri Pertahanan Andrei Belousov, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Sergei Shoigu, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Valery Gerasimov, serta Menteri Pertahanan Sipil Keadaan Darurat dan Bantuan Bencana Alexander Korenkov, dalam pertemuan tersebut.

Jalali menambahkan, Putin pertama kali berbicara kepadanya untuk menyampaikan keterkejutan atas kecelakaan yang dialami Raisi.

Putin mengungkapkan rasa sedih seraya berjanji akan melakukan apa pun yang bisa untuk menyelamatkan Raisi serta pejabat lainnya.

"Kami sangat khawatir dan kesal dengan hal ini. Pastikan sampaikan pesan saya kepada Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam (Ayatollah Ali Khamenei) bahwa kami siap melakukan apa pun yang diperlukan," kata Jalali, mengutip pernyataan Putin.

Pada kesempatan itu Putin menyampaikan telah menyiapkan dua pesawat beserta 50 prajurit terbaik lengkap dengan peralatan yang diperlukan untuk mencapai lokasi kecelakaan helikopter.

“Selain itu, Rusia mengerahkan dua helikopter untuk operasi penyelamatan dari Armenia pada Senin pagi," tuturnya. (Arni Sulistiyowati)

 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network