WNA Asal Taiwan Resmi Jadi WNI, Kakanwil: Harus Kontribusi, Tak Sekadar untuk Mempermudah Usaha

Eka Setiawan
Pengambilan sumpah/pernyataan janji setia WNI, pelantikan PPNS dan Pengganti Antarwaktu Anggota MPD Kab/Kota serta pengambilan sumpah/janji jabatan notaris pengganti di Kanwil Kemenkumham Jateng, Kota Semarang, Senin (27/5/2024). Foto: Dok

SEMARANG - Seorang warga negara asing (WNA) asal Taiwan Chen Wei diambil sumpahnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pengambilan sumpah dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto.  

Pengambilan sumpah atau pernyataan janji setia WNI itu dilakukan di Kanwil Kemenkumham Jateng, Kota Semarang, Senin (27/5/2024). Lokasinya di Aula Kresna Basudewa.  

“Warga negara yang baik tidak hanya memahami dan mempu membela hak, tetapi juga menunaikan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggungjawab,” ungkap Tejo, pada keterangannya, Selasa (28/5/2024) siang. 

Tejo mengatakan WNI yang baru tersebut diharapkan memegang teguh kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta patuh hukum. 

Tejo juga menegaskan agar WNI yang baru itu harus memberikan perhatian dan pikirannya sebagai WNI, loyal dan berkontribusi bagi Indonesia. 

“Tidak hanya sekadar meraih kewarganegaraan untuk mempermudah usaha di Indonesia. Tinggalkan warga negara yang lama, fokuskan pikiran menjadi WNI dan patuhi segala peraturan yang ada,” tegasnya. 

Kegiatan pengambilan sumpah tersebut merupakan bagian dari proses pewarganegaraan atau kerap disebut naturalisasi. Ini merupakan proses hukum yang dilakukan seseorang untuk memperoleh atau memiliki kewarganegaraan Indonesia atau beralih status dari WNA menjadi WNI.  

Pada kesempatan itu, Tejo juga mengambil sumpah/janji jabatan notaris dan notaris pengganti sebanyak 18 orang. Selain itu juga dilantik 1 orang penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dan melantik 5 orang Pengganti Antar-Waktu Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris.  

Kegiatan disaksikan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan, Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, serta keluarga, kerabat dan rekan kerja dari mereka yang diambil sumpahnya. 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network