Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Idul Adha 2024 Hari Ini

Muhammad Farhan
Kemenag gelar sidang isbat penentuan Idul Adha 2024. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat menentukan Idul Adha 2024 digelar di Auditorium Kemenag, Jakarta hari ini Jumat (7/6/2024). Pihak petugas akan melakukan pemantauan hilal di 114 titik di sejumlah wilayah. 

"Sidang isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangannya dikutip, Kamis (6/6/2024).

Sidang isbat tersebut mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Alur sidang isbat awal Zulhijah akan dimulai dengan seminar hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah. Seminar diikuti perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan. 

Setelah Magrib, acara dilanjutkan dengan sidang isbat secara tertutup. Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Zulhijah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib melaporkan berdasarkan data, posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mensyaratkan tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network