Dankodiklatad Pantau Latihan Kesiapsiagaan Operasi yang Dipimpin Pangdam Diponegoro

Ahmad Antoni
Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) di Alun-alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo, Rabu (5/6). (IST)

SUKOHARJO, iNewsSemarang.id - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi pimpin pelaksanaan Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) di Alun-alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo.

Pelaksanaan latihan disaksikan langsung oleh Dankodiklatad Letjen TNI Widi Prasetijono. Latihan tersebut diselenggarakan oleh Kodiklatad di wilayah Kodim 0726/Sukoharjo untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas antara TNI dengan Polri dan Pemda dalam menangani konflik sosial, khususnya pasca Pemilu dan Pilkada, maupun situasi yang tidak kondusif lainnya. 

Dankodiklatad mengatakan kegiatan LKO yang saat ini tengah berlangsung merupakan pengaplikasian di lapangan, dimana sebelumnya telah digelar gladi di Makodam yang dimulai sejak minggu lalu selama tiga hari. Melibatkan Pangdam beserta Perwira Staf dan jajaran Korem maupun Kodim.

“Kebetulan salah satu sample kita adalah Kodim Sukoharjo, dimana kita lihat sinergi antara Pemda, masyarakat, serta TNI-Polri dalam penanggulangan permasalahan di lapangan memang luar biasa,” kata Letjen Widi.

Sementara Pangdam menyebutkan latihan tersebut melibatkan 1.000 pasukan yang berada di sekitar Solo Raya. Dimana didalamnya melatih kesiapsiagaan serta prosedur penanganan permasalahan global yang sering terjadi di lapangan, mulai dari aksi massa damai hingga anarkis.

“Kita sudah dilatihkan mulai dari latihan gladi Mako, dan sekarang yang dilapangan. Kira-kira realitanya yang sering terjadi seperti ini dan kita harus selalu siap dalam situasi dan kondisi apapun yang akan terjadi,” kata Pangdam.
 
Selain Sukoharjo, kata dia, nantinya pelaksanaan Latihan LKO akan turut dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia “Semua wilayah harus bisa mengatasi situasi kondisi bagaimana menciptakan rasa aman dan damai di tempat tersebut,” ujarnya.


 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network