Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2024 hingga 13 Juli, Simak Syarat dan Ketentuannya!

Widya Michella
Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 telah dibuka pada Rabu (3/7/2024) hingga 13 Juli 2024. (Kemenag).

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 telah dibuka pada Rabu (3/7/2024) hingga 13 Juli 2024. Kuota beasiswa ini ditargetkan untuk 1.000 santri.

Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur menjelaskan, pendaftaran Beasiswa Santri dilakukan secara online mulai 3 Juli 2024 bagi seluruh santri di Indonesia. Beasiswa santri ini atas kerja sama Kementerian Agama dan LPDP.

“Kami mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” katanya, di Jakarta, Rabu (3/7/2024).  Dia menyebutkan ada 35 perguruan tinggi mitra dan 97 jurusan kuliah yang bisa dipilih santri untuk melanjutkan kuliah melalui skema Dana Abadi Pesantren (DAP) ini. 1.000 santri yang lolos beasiswa ini akan bisa lanjut kuliah mulai jenjang S1 hingga S3.

Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/pbsb Pilihan program studi yang ditawarkan dan dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari rumpun keilmuan Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora.

Persyaratan Umum Beasiswa Santri Berprestasi 2024 

1. Santri Warga Negara Indonesia. 
2. Santri dari pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam. 
3. Santri asal dari Satuan Pendidikan PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly dan/atau MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren. 4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren. 
5. Memiliki akhlak terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri. 
6. Mampu berbahasa Arab. 
7. Mampu membaca dan memahami Kitab Kuning. 
8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin. 
9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai moderasi beragama, nasionalisme, patriotisme serta integritas. 
10. Prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai rapor 1 tahun terakhir, piagam atau sertifikat. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network