Lestarikan Ekosistem Pesisir, BAF Donasikan Puluhan Ribu Bibit Mangrove di Tahun 2024

Ramaditya Barka
Untung, Area Collection Manager BAF Semarang, saat menyerahkan donasi bibit mangrove kepada Aminul Ichsan selaku Manager Operasional LindungiHutan. IST

SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Bussan Auto Finance (BAF) menunjukkan komitmennya dalam upaya melestarikan ekosistem pesisir dengan mendonasikan lebih dari 20.000 bibit mangrove. Kegiatan pelestarian lingkungan yang telah dilakukan sejak tahun 2021 ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Gerakan Penghijauan BAF ECO Move.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang berkonsentrasi pada pembiayaan Motor Baru Yamaha, BAF mengambil langkah nyata dalam membantu isu lingkungan dan polusi udara melalui gerakan penghijauan yang sudah dilakukan sejak 2021.

Melanjutkan penanaman bibit Mangrove pada 2023, tahun ini BAF ECO Move kembali memilih kawasan Mangrove sebagai tempat pelaksanaan kegiatan CSR. BAF ingin melanjutkan kontribusinya terhadap keselamatan dan kelestarian ekosistem Mangrove sekaligus pelindungan pesisir dan berbagai biota laut.

Bekerja sama dengan LindungiHutan, penanaman lebih dari 20.000 bibit Mangrove dilaksanakan secara serentak di lima lokasi ekosistem Mangrove, antara lain Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pesisir Tambakrejo di Semarang, Pantai Bahagia di Kabupaten Bekasi, Hutan Mangrove Mempawah di Pontianak, hingga Pesisir Untia di Makassar.

Pusat pelaksanaan seremoni penanaman bibit Mangrove dilakukan di Pantai Indah Kapuk dengan dihadiri manajemen serta karyawan BAF, pihak LindungiHutan, dan beberapa petani setempat. LindungiHutan merupakan platform crowdplanting yang memiliki misi pemberdayaan petani bibit dan penanaman pohon untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis kerusakan biosfer dan deforestasi.

Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli, mengungkapkan bahwa penanaman Mangrove ini sangat penting karena dapat melindungi pesisir Indonesia dari erosi maupun abrasi yang terus terjadi serta berdampak positif terhadap kualitas ekosistem yang hidup dari pohon Mangrove.

Lebih lanjut, Lynn mengungkapkan Gerakan Penghijauan BAF ECO Move merupakan salah satu langkah nyata BAF dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG No. 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

“Sebagai pelaku industri jasa keuangan, BAF turut andil memberikan dukungan dalam melakukan kegiatan bisnis yang mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,” tutup Lynn.

Lebih dari 20.000 bibit Mangrove yang didonasikan berasal dari dukungan karyawan BAF (BAFers), Konsumen BAF (BAF Friends) yang mengajukan pembiayaan di BAF selama periode 1 – 31 Mei 2024, dealer resmi Yamaha, dan rekanan BAF lainnya.  

Melalui BAF ECO Move, BAF berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat luas yang tidak hanya pada peningkatan keanekaragaman hayati saja, namun juga dapat mengurangi konsentrasi karbondioksida di atmosfer yang menjadi penyebab utama pemanasan global.

Selain BAF ECO Move, BAF juga fokus pada peningkatan kualitas hidup anak-anak Indonesia melalui program CSR BAF Caring for Children yang secara rutin dilakukan setiap tahun sejak 2019.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network