KM Soneta Asal Rembang Bawa 16 ABK Tenggelam di Karimunjawa, 7 Orang Masih Hilang

Ahmad Antoni
Tim SAR gabungan melakukan pencarian ABK KM Soneta yang belum ditemukan di perairan Karimunjawa Jepara. (Dok Basarnas)

JEPARA, iNewsSemarang.id - Sebuah kapal nelayan KM Soneta asal Rembang dengan dengan 16 awak buah kapal (ABK) mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Karimunjawa Jepara. 

Peristiwaa tersebut terjadi pada Kamis (11/7) sekira pukul 13.00 WIB dan menenggelamkan seluruh muatannya termasuk ke-16 ABK. 

"Kami terima informasi dari pemilik kapal bahwa KM. Soneta tenggelam di utara Karimunjawa beserta 16 ABK-nya dan saat ini kami sudah mengirimkan tim dari KN. SAR Sadewa untuk melakukan pencarian,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono. 

KM. Soneta diketahui berangkat melaut pada tanggal 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di perairan utara Jawa. Namun, saat berada di atas perairan Karimunjawa, tepatnya 11 Juli sekira pukul satu siang kecelakaan itu terjadi. 

Beruntung sembilan ABKnya berhasil ditemukan saat terombang-ambing oleh kapal nelayan KM. Bintang Barokah asal Tegal yang kebetulan melintas, sedangkan tujuh lainnya belum diketahui keberadaannya. 

"Tim tadi sudah melakukan pencarian ke arah barat dan timur dari TKP sejauh 4 nautical mile namun belum membuahkan hasil. Sementara malam ini kapal sandar di pelabuhan Karimunjawa dan akan melanjutkan pencarian esok hari,” ujar Budiono. 

"Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal karena ABK yang selamat belum bisa dimintai keterangan karena masih perjalanan ke pelabuhan Tegal. Rencananya hari ini pencarian akan diperlebar lagi hingga 6 nautikal mil dari LKP,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network