KM Soneta Ternyata Tenggelam Sejak Selasa 9 Juli 2024, ABK Terombang-ambing 3 Hari 3 Malam

Arni Sulistiyowati
Basarnas mencari tujuh orang hilang korban KM Soneta asal Rembang, Jateng tenggelam di Perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. (Foto: Dok. Basarnas Semarang).

JEPARA, iNewsSemarang.id - Kapal Nelayan KM. Soneta asal Rembang yang sebelumnya diberitakan mengalami kecelakaan di perairan Karimunjawa Jepara pada hari Kamis, (11/7/24) ternyata sudah tenggelam sejak Selasa, (9/7/24). 

Penyebab tenggelamnya kapal asal Rembang itu diketahui karena mengalami kebocoran pada lunas kapal pada bagian bawah mesin tempat baling-baling kapal berada. Informasi ini didapatkan dari kesaksian ABK KM. Soneta, Nur Nawawi dan Sunardi yang berhasil diselamatkan oleh kapal Nelayan asal Tegal, KM. Bintang Barokah. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono menyebutkan KM. Bintang Barokah yang membawa sebanyak 9 ABK KM. Soneta itu telah sandar pada sabtu (14/7/24) dinihari pukul 00.05 WIB di pelabuhan Tegal. 

"Kami mendapatkan informasi dari Polairud Polres Tegal Kota bahwa dinihari tadi KM. Bintang Barokah yang membawa 9 ABK KM. Soneta telah sandar dan dari personil Polairud kami mendapatkan informasi bahwa kapal tenggelam karena mengalami kebocoran. Saat kejadian juga ombak sedang besar setinggi 2,5 meter dengan angin kencang dan arus deras," ungkap Budiono. 

Budiono mengungkapkan kesaksian yang didapatkan dari ABK yang selamat pada selasa dini hari sekira pukul 01.30 WIB itu menyebutkan ABK KM Soneta sedang melakukan penangkapan ikan seperti biasa dan semua ABK beraktivitas sesuai dengan tugas masing-masing.

Namun saat salah satu ABK hendak menyalakan pompa air untuk menguras air di palka belakang, ternyata di bagian palka telah penuh dengan air bahkan sudah membanjiri dek dan ruang mesin sehingga mengakibatkan mesin utama mati.  

Mengetahui hal tersebut membuat seluruh ABK panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan mengambil barang mudah mengapung seperti jeriken dan lainnya dan terjun ke laut. Tak lama sekira 30 menit akhirnya KM. Soneta benar-benar telah tenggelam. 

Para ABK tersebut sempat berusaha tetap bersama selama mengapung, namun akhirnya di hari ke 3 beberapa dari mereka terpisah akibat gelombang yang cukup besar. 

Terombang-ambing selama 3 hari 3 malam akhirnya kamis pukul 6 pagi, 6 orang ABK berhasil ditemukan dan diselamatkan oleh kapal nelayan KM. Bintang Barokah yang kebetulan melintas dan hendak pulang ke Tegal. 

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network