Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA Resmi Dihapus, Ini Penyebabnya

Yaser Rafi Pramudya
Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA resmi dihapus. (ilustrasi/Instagram)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA resmi dihapus. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengungkap sejumlah alasan penghapusan tiga jurusan tersebut.

“Kami telah menghapus jurusan, dan memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan rencana karirnya," ungkap Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dikutip dari Youtube Kemendikbud RI.

Nadiem menyebutkan tiga keunggulan dari penghapusan jurusan yang ada di SMA. Menurutnya, Kurikulum Merdeka akan fokus pada materi esensial sehingga guru tidak terburu-buru dalam mengajar dan bisa memperhatikan proses belajar murid dan menerarpkan pelajaran yang mendalam.

Kurikulum Merdeka memberi jam pelajaran khusus bagi pengembangan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kurikulum Merdeka memberi fleksibilitas bagi sekolah untuk merancang kurikulum operasional nya sendiri dan bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kemampuan muridnya.

Hal tersebut memberikan dampak yang cukup baik bagi para siswanya dikarenakan tidak ada lagi rasa bingung saat memilih jurusan. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu murid SMA.

“Menurut aku, dengan adanya si kurikulum merdeka jadi lebih gampang buat para siswa-siswa buat nentuin jurusannya, karna jadi gaberpatok sama Ipa atau Ips lagi. Yaaa intinya jadi gaterlalu banyak beban, dengan adanya kurikulum Merdeka,” ujar Abi salah satu murid SMA.

“Dasarnya aku tuh emang gasuka itung-itungan tapi aku suka pelajaran biologi dan karena adanya peminatan ini, aku jadi bisa milih mata pelajaran yang aku minati," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network