BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan Jateng-Jatim

Binti Mufarida
BMKG mengimbau kepada masyarakat waspada potensi gelombang tinggi.(Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter bakal menerjang Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-Jawa Timur pada 19-20 Juli 2024. 

Kondisi ini dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10-30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan.

“Kondisi ini, dapat menyebabkan peningkatan gelombang tinggi di kisaran 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (19/7/2024). 

Kemudian sejumlah perairan Indonesia juga berpotensi mengalami gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Pulau Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Aceh-Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa-Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas-Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network