Momentum HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Unnes Sambut 11.290 Mahasiswa Baru

Ahmad Antoni
Unnes resmi menyambut 11.290 mahasiswa baru melalui Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Lapangan Prof. Dumadi, Universitas Negeri Semarang, Sabtu (17/8/2024). (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) resmi menyambut 11.290 mahasiswa baru melalui Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Lapangan Prof. Dumadi, Universitas Negeri Semarang, Sabtu (17/8/2024). 

Penyambutan mahasiswa baru Unnes ini bertepatan dengan momentum HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus serta membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses menjalani kehidupan akademik.

Rektor Unnes, Prof. Dr. S Martono, M.Si. menyampaikan selamat kepada 11.290 mahasiswa baru Unnes.

“Kami sangat bangga menyambut ribuan mahasiswa baru yang datang dari berbagai penjuru negeri. Melalui kegiatan ini, kami ingin membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus dan memahami nilai-nilai ke-Unnes-an,” kata Prof Martono.

Kami berharap, saudara-saudara dapat menemukan passion dan potensi diri serta siap menghadapi tantangan di dunia perkuliahan,” ujar Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unnes itu.

Tahun ini, Unnes menerima 11.290 mahasiswa baru yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Unnes juga menerima 25 mahasiswa internasional yang berasal dari Timor Leste, China, Ghana, Myanmar, Nigeria, Pakistan, Papua Nugini, Sudan, Thailand, Turkenistan, dan Uzbekistan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Zaenuri, S.E., M.Si., Akt. menerangkan, setelah melalui proses dan seleksi yang ketat, Unnes menerima 11.290 mahasiswa baru dengan sebaran jalur penerimaan SNBP sebanyak 2.253 mahasiswa, jalur UTBK-SNBT sebanyak 3.407 mahasiswa, dan jalur Seleksi Mandiri sebanyak 5.630 mahasiswa.

“Unnes juga menerima mahasiswa yang berasal jalur Beasiswa Afirmasi ADIK Papua sebanyak 42 mahasiswa dan 2.121 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah,” ujar Prof. Zaenuri.

PKKMB tahun 2024 dirancang dengan penuh kreativitas yang menghadirkan berbagai kegiatan interaktif, seni, dan budaya guna memperkaya pengalaman belajar mahasiswa baru.

Dalam suasana penuh antusiasme, mahasiswa baru diajak untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Hadir sebagai bintang tamu ialah Jovial da Lopez dan Kaleb J. Jovial da Lopez, yang dikenal sebagai content creator dan entertainer, membagikan pengalaman pribadinya dalam menjalani dunia kreatif. Ia menekankan pentingnya menemukan passion dan tidak takut untuk bermimpi besar.

"Jangan pernah ragu untuk mengejar apa yang kamu cintai. Setiap langkah kecil yang kamu ambil akan membawamu lebih dekat ke impianmu," kata Jovial.

Sementara itu, Kaleb J, penyanyi dan influencer itu membawakan sejumlah lagu yang membuat mahasiswa terhanyut dalam alun merdu suaranya.

PKKMB Unnes diharapkan dapat menjadi momentum yang positif bagi mahasiswa baru untuk membangun jaringan sosial dan akademik yang kuat. Dengan berbagai kegiatan yang menarik, mahasiswa baru diharapkan dapat lebih mengenal kehidupan kampus.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network