Istimewa, Cicit Buyut WR Soepratman Hadiri Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI Tingkat Kota Semarang

Arni Sulistiyowati
Cicit Buyut WR Soepratman Hadiri Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI Tingkat Kota Semarang. (Foto: Dok)

iNewsSemarang.id - Ada yang terasa istimewa dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tingkat kota Semarang tahun ini. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu secara khusus mengundang cicit buyut keluarga Wage Rudolf (WR) Soepratman, Antea Putri Turk dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di Balai Kota Semarang, Sabtu (17/8). 

Dalam upacara tersebut, Antea Putri Turk hadir mengenakan kebaya merah dengan rambut bersanggul cantik. Ia membawakan lagu Indonesia Raya tiga Stanza dan Indonesia Tjantik yang diciptakan tahun 1924. 

"Yang istimewa di HUT Kemerdekaan RI ini adalah hadirnya cicit buyut dari keluarga bapak WR Supratman, yang menciptakan lagu Indonesia Raya," ujar Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang. 

Mbak Ita mengaku takjub dengan suara Antea yang dikumandangkan dalam upacara tersebut.

"Ananda Antea ini tadi menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga Stanza dan Indonesia Tjantik. Nyanyiannya diiringi paduan suara dari anak-anak muda dari Klenteng Tay Kak Sie yang menyanyikan lagu perjuangan," ujar dia. 

Menurut Mbak Ita, dengan kehadiran Antea menjadi penyemangat para muda-mudi dan masyarakat umumnya untuk terus mengumandangkan lagu Indonesia Raya di negara tercinta ini. 

Dalam kesempatan peringatan kemerdekaan tersebut, Mbak Ita mengajak masyarakat untuk ikut memaknai kemerdekaan dengan berjuang demi pembangunan Indonesia dan Kota Semarang khususnya. 

"Kalau dulu, perjuangan dalam bentuk fisik, sekarang berjuang dengan program-program yang dinamis, seperti pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penurunan stunting," jelasnya. 

Menurut dia, Kota Semarang berhasil dengan baik dalam meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi atau LPE bahkan di atas Jawa Tengah. Tak hanya itu, Angka stunting dan kemiskinan mengalami penurunan. 

"Alhamdulillah kemiskinan ekstrem di 2023 sudah zero. Tentunya harus ada inovasi-inovasi, baik dibidang ketahanan pangan kemudian ekonomi. Tentunya harus dinamis dan menyesuaikan dengan yang dikerjakan pemerintah pusat," imbuh dia. 

Saat ini, lanjut Mbak Ita, di masa transisi pemerintah yang baru terdapat salah satunya adalah program makan siang bergizi. 

"Kota Semarang ini juga melakukan inovasi-inovasi bagaimana untuk menghadapi program nanti ke depan. Kami melakukan program 'STROBERI' yaitu program pemberdayaan urban farming di dalam memenuhi makan siang bergizi dan mencegah obesitas," paparnya. 

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network