Tradisi Penyerahan Kemudi Kapal dan Kunci di Lanal Semarang, Ini Maknanya

Ahmad Antoni
Tradisi penyerahan kemudi kapal dan kunci sebagai simbol pada setiap pergantian Danlanal Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dalam lingkungan TNI Angkatan Laut terdapat beragam tradisi, salah satu tradisi tersebut adalah penyerahan kemudi kapal dan kunci sebagai simbol pada setiap pergantian.

Pimpinan atau Komandan Lanal (Danlanal) Semarang yang lama kepada yang baru. Dalam Danlanal Semarang Letkol Laut (P) Akbar Abdullah, M. Tr. Opsla menerima kemudi kapal dan kunci dari Danlantamal XI Merauke Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P. usai melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Mako Lanal Semarang, Tawangsari, Kota Semarang.

“Makna dari prosesi penyerahan kemudi kapal adalah sebagai simbol melanjutkan kepemimpinan untuk menata, membangun, membuat besar, kuat dan profesional TNI AL khususnya Lanal Semarang yang lebih baik di masa mendatang,” kata penerangan Lanal Semarang dalam keterangannya, Jumat (23/8).

“Sedangkan makna dari prosesi penyerahan kunci memiliki arti menjadi simbol yang kuat dalam kehidupan, banyak budaya dan agama mengartikan kunci sebagai lambang kepemimpinan, kekuasaan, otoritas, dan pengetahuan. Kunci juga melambangkan kesempatan harapan, dan masa depan yang terbuka lebar,” jelasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network