Keren! UKM Robotika Unnes Kembangkan 3 Drone Militer, Ini Spesifikasi dan Fungsinya

Ahmad Antoni

Drone ini dapat terbang sejauh 500 meter di lokasi yang beragam. Aquila SVR dirancang untuk bisa terbang secara full autonomous di dalam maupun di luar ruangan sehingga tidak memerlukan control dari manusia. 

Menggunakan kombinasi sensor seperti sensor LiDAR dan kamera, Aquila SVR mampu memetakan dan menyesuaikan rute penerbangan dengan cepat, bahkan dalam kondisi minim cahaya. 

“Tim Robotika Unnes terus melakukan pengembangan. Salah satu target pengembangannya adalah peningkatan kemampuan AI untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas dalam situasi yang kompleks, seperti penghindaran rintangan yang dinamis,” kata Kepala Humas Unnes, Rahmat Petuguran dalam siaran pers, Jumat (23/8). 

Selain itu, akan dikembangkan juga versi yang lebih ringan dan lebih efisien secara energi untuk memperpanjang durasi penerbangan.

Robotika Unnes adalah sebuah wadah mahasiswa Unnes yang berkegiatan fokus pada pengembangan potensi teknologi robotika cerdas, baik robot darat maupun robot udara. 

Robotika Unnes berada dibawah naungan UKM RIPTEK (Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang diketuai oleh Saudari Naila Amalia, sedangangkan Robotika sendiri diketuai oleh Naufal Ilham Ramadhan. 

“Kegiatan tim Robotika Unnes berpusat pada gedung UKM lantai dua, dengan memiliki event tahunan yaitu, KRI (Kontes Robot Indonesia) dan KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia).” ujarnya.
 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network