Respons Menag soal Temuan Dugaan 3.500 Jemaah Haji Berangkat Tanpa Antre

Achmad Al Fiqri
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto MPI).

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas merespons temuan Pansus Haji DPR soal dugaan 3.500 jemaah haji yang berangkat tanpa antre. 

Menag Yaqut mempersilakan Pansus untuk mengungkap temuan tersebut. "Kalau pansus menemukan itu silakan dibuka. Saya persilakan semua," kata Gus Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024).

Menurutnya, temuan tersebut sudah menjadi materi Pansus Haji. Dia tidak akan terlalu mendalami temua itu.

"Benar atau tidak itu bukan ranah kita," kata Gus Yaqut.

Prinsipnya, Gus Yaqut mengklaim pemerintah ingin menjelaskan secara terang terkait proses haji kepada publik. Menurutnya, jika ada pejabat Kemenag yang terlibat proses haji untuk ditindak tegas.

"Kami di Kemenag, pemerintah ini juga tidak ingin ada yang main-main dengan haji. Kalau ada staf saya, ada perangkat ASN di tempat saya di Kemenag yang terlibat, ya ayo kita tindak bareng-bareng," katanya.

Sebelumnya, Pansus Haji DPR menemukan sebanyak 3.500 jemaah haji khusus berangkat tanpa antre. Selain itu, mereka juga menemukan pelaporan data keberangkatan haji khusus melalui sistem Siskohat dan Siskopatuh tidak berjalan real-time.

"Sehingga data keberangkatan sering kali terlambat atau tidak lengkap. Bahkan setelah operasional haji selesai, beberapa PIHK belum melaporkan jumlah jemaah yang berangkat. Ini menyebabkan ketidakpastian jumlah jemaah yang berangkat," kata Anggota Pansus Angket Haji DPR Wisnu Wijaya dalam keterangannya, Selasa (10/9).
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network