China Ancam Laporkan Timnas Indonesia ke AFC jika Mainkan Mees-Eliano, Netizen: Panik dan Takut!

Ramdani Bur/Ahmad Antoni
Federasi Sepakbola China (CFA) ancam melaporkan Timnas Indonesia ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). (Dok PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Federasi Sepakbola China (CFA) ancam melaporkan Timnas Indonesia ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menjadi sorotan warganet di Tanah Air.

CFA disebut akan kapor ke AFC jika memainkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders saat skuad Garuda tandang ke markas Timnas China di matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa 15 Oktober 2024 malam WIB.

Informasi itu dikeluarkan media asal China, 163.com yang menyebut proses naturalisasi yang dilakukan PSSI kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak sesuai regulasi.


Mees Hilgers dan Eliano Reijnders saat pengambilan sumpah WNI di Kedubes Indonesia di Belgia. (Instagram)

“Jelas ini merupakan operasi illegal. Andai Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tampil menghadapi Timnas China, Federasi Sepakbola China (CFA) akan mengadu kepada AFC dengan alasan proses naturalisasi dua pemain Indonesia itu tidak sesuai prosedur,” tegas 163.com.

“Menurut peraturan AFC, kondisi ini menghasilkan kemenangan 3-0 untuk Timnas China. Timnas China pun mencatatkan kemenangan pertamanya di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026,” harap 163.com.

Lantas, apa benar proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak sesuai prosedur? Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah mengikuti seluruh aturan yang ada di Indonesia.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah disetujui Komisi III dan X DPR RI. Bahkan presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) persetujuan keduanya mendapatkan Warga Negara Indonesia (WNI).

Upacara pengambilan sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pun dilakukan di teritorial Indonesia, yakni Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels, Belgia. Bisa dibilang apa yang diulas 163.com hanyalah bentuk ketakutan mereka kepada Timnas Indonesia.

Seiring kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, kekuatan Timnas Indonesia praktis menguat. Mees Hilgers bakal memperkukuh lini pertahanan Timnas Indonesia.

Sementara itu, Eliaano Reijnders akan menambah daya dobrak skuad Garuda lewat tusukan-tusukan tajam yang dimilikinya. Jika tidak ada aral melintang, peluang Timnas Indonesia menang di markas China sangat besar.

Jika kondisi itu terjadi, China semakin terpuruk di klasemen Grup C, yang mana sebelumnya mereka selalu kalah di dua laga awal. Setelah dihajar Jepang 7-0 di laga pertama Grup C, skuad asuhan Branko Ivankovic itu tumbang 1-2 dari Arab Saudi di kandang sendiri.

Beragam komentar netizen pun merespons ancaman CFA tersebut. “Panik dan takut itu beda tipis,” ucap akun @ika_ra*** di kolom komentar Instagram @timnaskuat. “Ya Cina ketar ketir turunin Jackie Chan sama Jet Lee,” ucap @ibal_sury***

“Provokasi China aja…Cari-cari alas an mengganggu kekuatan timnas Garuda,” ujar @ilhamk***. “Laporin FIFA doooong, AFC mah gubernur doang,” sentil @jisa***.
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network