Harga Cabai Selangit, Pasar Sayur di Semarang Lesu

Wisnu Wardhana
Pedagang Cabai dan sayuran di Pasar Karangayu Semarang sepi pembeli, karena harga naik berlipat. Foto: INews/Wisnu Wardhana

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Harga cabai di Kota Semarang bikin geleng-geleng kepala. Seperti dari pantauan di Pasar Karangayu. Kenaikan harga cabai meroket mencapai 150 persen.

Memang tidak hanya cabai, sejumlah bahan kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan.

Harga tertinggi pada komoditas cabai khususnya cabai merah besar atau teropong yakni mencapai Rp60.000 per kilogram, dari harga normal Rp20.000.

Sedangkan untuk harga cabai rawit merah atau cabai setan yang normalnya Rp30.000, saat ini mencapai Rp70.000 per kilogramnya.

“Kenaikan harga ini terjadi sudah lebih dari satu bulan. Diduga naiknya harga cabai diakibatkan cuaca yang tidak menentu beberapa bulan terakhir,” kata Rohayati, pedagang cabai, Selasa (8/3/2022).

Naiknya harga sayur mayur juga berdampak pada pembeli yang terpaksa mengurangi jumlah yang dibelinya.

Pembeli berharap harga kebutuhan pokok segera kembali normal. Selain cabai, harga sayur mayur hampir seluruhnya mengalami kenaikan.

Misalnya, harga kembang kol dari Rp15.000 saat ini Rp20.000 per kilogram. Sedangkan brokoli dari harga Rp20.000, sekarang Rp25.000. Harga bawang merah dan putih serta sayuran lain juga mengalami kenaikan.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network