JAKARTA, iNewsSemarang.id - Bus Rosalia Indah tengah menjadi sorotan publik baru-baru ini. Hal itu merupakan buntut dari viralnya video penumpang yang mengeluhkan ada kecoa di kabin bus Rosalia Indah kelas Super Top dengan model double decker itu.
Kemunculan video viral itu membuat penumpang kecewa, karena merasa tidak nyaman berada di salah satu kelas termewah dari PO bus tersebut.
Dalam video yang diunggah akun Instagram @dennymartincom, terlihat kecoa muncul dari sisi sambungan pilar yang renggang. Kondisi tersebut membuat pengunggah yang juga penumpang bus dengan nomor lambung 119 merasa tidak nyaman.
Sasongko Bayu, Juru Bicara Rosalia Indah pun akhirnya memberi klarifikasi. Apa respons perusahaan?
Klarifikasi Rosalia Indah soal Ada Kecoa di Bus Mewahnya
Sasongko Bayu mengatakan, tim yang bertugas di armada langsung meminta maaf kepada penumpang. Bahkan, penumpang diberi kompensasi untuk berganti armada dengan mengembalikan selisih tarifnya.
"Untuk kompensasi yang kami berikan ke penumpang tersebut adalah kompensasi berupa pengembalian selisih tarif, karena penumpang kami pindahkan ke armada bus lain sesuai permintaan penumpang, yang mana tarifnya berbeda," ujar Bayu saat dihubungi iNews.id, Rabu (11/6/2025).
Soal kebersihan armada, Bayu menegaskan PO Rosalia Indah memiliki Standar Operasional Perusahaan (SOP) dalam melakukan perawatan. Setiap armada akan dibersihkan usai kembali dari perjalanan sebelum diberangkatkan.
"Untuk perawatan kebersihan bus, tentunya sesuai SOP, kami rutin membersihkan armada setiap bus sampai di pool tujuan, wajib dibersihkan luar dan dalam oleh petugas kebersihan yg ada di pool, sampai bersih," tuturnya.
Bayu mengungkapkan, perusahaan memiliki jadwal khusus pada setiap armada dalam melakukan perawatan total. Hal ini untuk memastikan kabin tetap bersih demi memberikan kenyamanan kepada penumpang.
"Dan untuk perawatan besar total, sudah ada jadwal masing-masing sesuai dengan jenis perawatannya," ucapnya.
Editor : Arni Sulistiyowati
Artikel Terkait