get app
inews
Aa Read Next : Potret Pilu Kehidupan Warga Bedono Demak Berjibaku di Tengah Genangan Rob

Atasi Banjir Rob Pantura, Pusdataru Jateng Identifikasi Masalah di Hulu Sungai Bodri Kuto

Minggu, 19 Juni 2022 | 11:59 WIB
header img
Banjir rob di wilayah Pantura Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang dan Kendal diduga terdampak dari masalah di Hulu Sungai Bodri Kuto di Temanggung. Foto: dok. iNews

TEMANGGUNG, iNewsSemarang.idBanjir rob di wilayah Pantura Jawa Tengah akhir-akhir ini tidak lepas dari peran dari wilayah Sungai Bodri Kuto, yakni di Kabupaten Temanggung.

Untuk mengurai permasalahan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah meneliti kondisi wilayah Sungai Bodri Kuto.

"Banjir rob khususnya di daerah Pantura, di situ tidak lepas peran dari daerah hulu wilayah Sungai Bodri Kuto, yakni Kabupaten Temanggung," kata Fungsional Penata Ruang Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, Husna Fauziah, Sabtu (18/6/2022).

Wilayah Sungai Bodri Kuto meliputi Kabupaten Temanggung di hulu, kemudian Kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan bagian hilir di Kabupaten Kendal.

"Selama ini yang sangat merasakan imbasnya di Kabupaten Kendal, di sana rob dan banjir hampir setiap musim ada. Kami mencoba melakukan pendekatan wilayah sungai bagaimana peran pentahelix (pemerintah, pengusaha, akademisi dan media) apakah sudah ada kolaborasi," katanya.

Tim Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah kini melakukan identifikasi di bagian hulu Sungai Bodri Kuto di Kabupaten Temanggung.

"Hasil identifikasi tersebut nantinya juga sebagai masukan atas proses revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Dalam identifikasi, pihaknya menemui para pemangku kepentingan untuk wawancara atau mencari data yang diperlukan.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut