get app
inews
Aa Read Next : Musrenbang, Ketua DPRD Usulkan Penanganan Jalan Rusak dan Pengambil Alihan Jalan Desa

Heboh! Gubernur dan Ketua DPRD Sultra Hamburkan Uang di Pesta, Netizen Sayangkan Aksi Tersebut

Senin, 04 Juli 2022 | 22:30 WIB
header img
Tangkapan layar Gubernur Ali Mazi (baju putih) menghamburkan uang di pesta. (Foto: iNewsTV/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNewsSemarang.id - Beredar sebuah video yang menampilkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra Abdul Rahman Saleh menghambur-hamburkan uang di sebuah pesta.

Sontak video tersebut viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, tampak Ali Mazi dan Abdul Rahman Saleh berdiri di atas panggung menghamburkan uang kertas. Tampak sejumlah orang yang berada di bawah panggung berebut mengambil uang yang dihamburkan kedua petinggi daerah tersebut.

Menurut informasi, peristiwa itu terjadi dalam sebuah acara yang digelar di Buton Utara, Jumat (1/7/2022) malam. Sejumlah netizen menyayangkan aksi tersebut, karena keduanya merupakan pejabat daerah. 

Namun tanggapan diberikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sulawesi Tenggara, Ridwan Badalah. Menurutnya, apa yang dilakukan gubernur dan ketua DPRD menghambur-hamburkan uang di Buton Utara itu hal yang wajar, karena sebuah tradisi adat yang dilakukan masyarakat setempat.

"Boleh saya bilang itu semacam ritual adat yang dilakukan masyarakat Buton Utara. Itu ada kegiatan yang namanya Pasari, Pikulaliwu. Itu pesta adat masyarakat Buton," kata Ridwan, Senin (4/7/2022).

Ridwan menjelaskan, saat itu ada pesta adat. Masyarakat yang memiliki uang biasanya menghamburkan uang, termasuk kepala daerah yang saat itu datang.

"Saya kira ini wajar, bagian dari pelestarian budaya yang ada di Buton," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut