get app
inews
Aa Read Next : 15 Obyek Wisata Alam di Semarang Paling Asyik untuk Libur Lebaran 2023

15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Liburan Keluarga

Selasa, 12 Juli 2022 | 15:38 WIB
header img
Taman Bunga Celosia salah satu destinasi wisata alam di Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id Wisata alam di Semarang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain dikenal dengan kulinernya, Semarang ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata alam. So pasti, akan menjadi pengalaman menyenangkan menghabiskan waktu senggang bareng orang-orang tercinta.

Sebagai informasi, wisata alam yang akan diulas di sini lokasinya berada di kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Wisata Semarang ini terdiri dari wisata pegunungan, pantai, hingga wisata edukasi bertema alam.

1. Goa Kreo

Goa Kreo berupa goa yang terbentuk oleh alam. Masyarakat sekitar mempercayai Goa Kreo sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga. Konon, kera-kera yang banyak dijumpai di sekitar goa, dulunya kera yang ditugasi Sunan Kalijaga untuk menjaga kayu yang akan digunakan untuk membangun masjid Demak.

Goa Kreo Semarang berlokasi di perbukitan Gunung Krincing, tepatnya di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Berada di tengah hutan seluas 5 hektar dengan pepohonan yang rindang, membuat suasana wisata Goa Kreo sejuk dan segar.

Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh sekitar 13 km ke arah Selatan dari Bundaran Tugu Muda Semarang.

2. Waduk Jatibarang


Waduk Jatibarang Semarang

Waduk Jatibarang berada dalam satu kawasan dengan Goa Kreo. Memiliki luas genangan sekitar 189 Ha serta luas daerah tangkapan mencapai 54 KM persegi, waduk ini mampu menampung air hingga 20,4 juta meter kubik yang dimanfaatkan oleh warga Semarang mengatasi masalah banjir.

Keindahan panorama alam membuat Waduk Jatibarang menarik banyak wisatawan. Kini pengunjung bisa menyewa speedboat untuk berkeliling waduk jatibarang dengan pemandangan alam yang indah.

3. Desa Wisata Lembah Kalipancur


Desa Wisata Lembah Kalipancur

Menempati lahan seluas 7 hektar, Desa Wisata Lembah Kalipancur menawarkan pemandangan sawah yang dikelilingi bukit dan danau buatan. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang berada pada jalur one-way, jadi tidak perlu bolak-balik.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain kolam renang, sepeda air, aeroplane cafe, hutan jati, kandang rusa, kambing, sapi, pemancingan hingga warung makan. Wisata alam lembah Kalipancur sekaligus menjadi rujukan wisata edukasi bagi anak-anak Anda. Selain yang sudah disebutkan, di sini pengunjung bisa melihat replika rumah adat dari berbagai negara.

Oh ya, Anda tak perlu membayar tiket masuk, tapi cukup membayar parkir.

4. Danau BSB Ngaliyan


Danau BSB Semarang

Bukit Semarang Baru (BSB) yang berada di Ngaliyan, Semarang, atau jalan arah Ngaliyan-Boja, menawarkan sejumlah obyek wisata alam yang instagramable. Salah satunya, danau BSB. Danau buatan ini dikembangkan untuk sarana rekreasi dengan memanfaatkan sumber daya air yang berprinsip pada eko-arsitektur.

Dana buatan yang berada di kompleks perumahan elite BSB Semarang menawarkan pesona keindahan alam yang tidak hanya cocok untuk kaum remaja, tapi juga direkomendasikan untuk para orang tua dan anak-anak. Banyak keluarga yang datang hanya untuk duduk-duduk menikmati  keindahan alam, sekedar jalan-jalan, jogging, mengabadikan kebersamaan guna melepas penat.

5. Pantai Marina


Pantai Marina Semarang

Pantai Marina sangat populer di kalangan wisatawan yang pernah berkunjung ke Kota Semarang. Selain menikmati wisata pantai, di Marina pengunjung bisa menikmati aneka kuliner seafood khas Semarang. Wisatawan juga bisa menyewa kapal untuk menikmati keindahan pantai.

Lokasinya sangat strategis, sekitar 5 menit dengan kendaraan dari Bandara Ahmad Yani. Tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Kota Semarang.

6. Pantai Maron


Pantai Maron Semarang

Pantai Maron bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sudah sering berkunjung ke Marina. Pantai Maron terkenal dengan hutan mangrove. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hutan yang mangrove maupun berjalan di atas jembatan bambu yang tersedia.

Dari Pantai Maron, wisatawan bisa melihat berbagai aktivitas nelayan salah satunya mengolah hasil tambak udang untuk dijadikan terasi atau olahan lainnya. Selain itu, ada sejumlah gazebo yang tersedia bagi wisatawan.

Lokasinya tak jauh dari Pantai Marina, yakni di Tugu Rejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Atau berada di belakang Bandara lama Ahmad Yani Semarang.

7. Tebing Brown Canyon


Tebing Brown Canyon

Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk melihat Grand Canyon Arizona. Pasalnya, replikanya bisa dijumpai di Kota Semarang. Namanya Brown Canyon. Bekas galian tambang yang menjadi destinasi wisata alam ini terletak di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pesona tebing-tebing tinggi dengan bentuk yang menakjubkan. Seperti namanya, tempat wisata alam ini menawarkan pemandangan berupa batu padas serta panorama alam yang cukup memukau.

Perlu dicatat, wisatawan hanya boleh mengunjungi situs ini saat akhir pekan ketika tidak ada aktivitas pertambangan.

8. Bukit Gombel


Suasana tempat nongkrong di Taman Tabanas Bukit Gombel Semarang, tampak pemandangan Kota Semarang dari atas di malam hari. (Ist)

Bukit Gombel sebagai tanah tertinggi di Kota Semarang, menjadi tempat nongkrong asyik untuk melihat pemandangan Kota Semarang saat di malam hari. Cahaya lampu-lampu di Semarang bagian bawah akan tampak semua dari Bukit Gombel.

Terdapat sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti penginapan, tempat parkir, dan rumah makan. Lokasinya berada di Ngesrep, Banyumanik, Kota Semarang.

9. Cimory on The Valley


Cimory on The Valley Semarang

Cimory on The Valley merupakan wisata edukasi bertema alam. Tempat wisata ini cocok untuk mengenalkan anak-anak pada alam dan binatang. Tersedia wahana edukasi seperti memberi makanan ternak, memerah susu sapi, hingga menunggang kuda. Pengunjung bisa juga mengabadikan kebersamaan bareng keluarga karena disediakan sejumlah spot foto instagramable.

Lokasinya strategis berada di jalan raya utama Ungaran-Bawen, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

10. Kampung Kopi Banaran


Kampung Kopi Banaran Semarang

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan paket wisata komplit. Pengunjung bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping. Uniknya lagi, tempat wisata di Kabupaten Semarang ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Meliputi Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening.

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Lokasinya berada di pinggir jalan raya Semarang-Solo Km 35.

11. Umbul Sidomukti


Umbul Sidomukti Semarang

Salah satu ikon yang menjadi daya tarik Umbul Sidomukti, kolam renang Taman Renang Alam. Di sini pengunjung bisa berenang di lokasi ketinggian sambil menikmati pemandangan pegunungan dari lereng Gunung Ungaran. Air kolam renang ini berasal dari mata air alami pegunungan.

Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 32 hektar berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Fasilitas yang ditawarkan meliputi penginapan, restoran, kafe, area outbond, dan spot foto Instagramable. Lokasinya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan, tepatnya di jalan Umbul Sidomukti Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

12. Bukit Cinta Rawa Pening

Objek wisata ini menawarkan panorama alam khas pegunungan dan sangat Instagramable. Pemandangan Rawa Pening dan gugusan pegunungan Ungaran yang eksotis menjadi lanskap utama yang akan memanjakan mata setiap pengunjung Bukit Cinta.

Bukit Cinta Rawa Pening terletak di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Konsep yang diusung adalah wisata alam kekinian di kawasan perbukitan dekat rawa pening.

13. Candi Gedong Songo


Candi Gedongsongo Semarang

Candi Gedong Songo merupakan wisata alam bertema budaya. Candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, dengan panorama lereng Gunung Ungaran yang memesona. Tempat wisata ini dilengkapi fasilitas kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

14. Taman Bunga Celosia Bandungan


Taman Bunga Celosia Semarang

Obyek wisata alam ini dipenuhi beragam bunga warna-warni. Tak hanya bunga Celosia, tapi juga jenis bunga lainnya seperti Lavender dan Krisan. Pengunjung bisa mengabadikan foto karena di tempat wisata ini banyak spot foto instramable. Seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion. Pengunjung bisa bersantai menikmati pemandangan alam dengan udara sejuk di kaki Gunung Ungaran sembari nongkrong di Café Garden Celosia.

Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo km 0,5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

15. Eling Bening


Eling Bening Semarang (dok. Pemprov Jateng)

Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau. Obyek wisata ini dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Demikian wisata alam di Semarang yang cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut