get app
inews
Aa Read Next : The All-New Citroën C3 Aircross SUV Meluncur di Semarang, Cocok untuk Keluarga Muda

Kurang Efektifnya Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid -19

Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:54 WIB
header img
Ilustrasi belajar daring.(istimewa)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dengan belajar daring tentunya para murid dan guru juga dituntut untuk lebih lihai dalam penggunaan teknologi dimasa sekarang ini.

Belajar daring merupakan belajar yang menggunakan jaringan internet. Belajar daring yang sekarang ini kita ketahui menggunakan pembelajaran via zoom meeting, gmeet, google classroom, elearning dan sebagainya yang pembelajarannya bisa digunakan secara jarak jauh dan juga tentunya menggunakan jaringan internet.

Selain itu, belajar daring juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada. Pertama mimin akan membahas tentang kelebihan dari pembelajaran daring yaitu:

1. Melatih kemandirian

Dengan belajar daring disini murid tidak bertemu dengan guru mereka, dalam hal ini murid dituntut agar lebih mandiri belajar tanpa adanya pengawasan dari seorang Guru. Disini Murid belajar mengerjakan tugas dengan kejujuran dan sadar akan tugasnya menjadi Murid dengan cara belajar mandiri.

2. belajar menggunakan teknologi informasi

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi terus berkembang. Dengan pembelajaran ini murid dapat lebih menguasai dan juga mengenal aplikasi yang terdapat dalam pembelajaran daring tentunya.

3. Menambah wawasan

Pembelajaran daring dapat menambah wawasan seorang murid. Karena dengan pembelajaran daring, murid dapat mencari segala sesuatunya tentang pelajaran melalui media internet dan juga sumber lainnya yang bisa kita ketahui bahwa hal ini sangat banyak refrensi yang ada di internet.

4. Waktu dan tempat yang fleksibel

Para murid dapat melakukan proses pembelajaran dimana saja dan kapan saja, dengan yang paling penting adalah terhubung dengan koneksi internet. Sehingga mereka bisa mengikuti pembelajaran daring sesuai waktu yang disepakati oleh guru.

5. Biaya relatif murah dan tentunya dapat diakses dengan mudah

Pembelajaran daring tentunya menjadi lebih mudah dari pembelajaran tatap muka bagi murid-murid yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari sekolah. Karena dengan pembelajaran daring mereka hanya harus memikirkan kuota internet saja, tidak memikirkan uang saku dan sebagainya. Akses pembelajaran daring dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan Hp, laptop ataupun komputer saja.

Dibalik kelebihan pastinya akan ada kekurangan yang dimiliki dalam pembelajaran daring, yaitu 

Kurangnya interaksi antara murid dan guru

Pembelajaran daring membuat murid dan guru tidak pernah bertemu, hal ini membuat kurangnya interaksi terhadap murid dan guru. Terlebih lagi pengawasan dari seorang guru yang berkurang, dikarenakan pembelajaran online yang tidak bertemu karena jarak.

Dibalik kelebihan pastinya akan ada kekurangan yang dimiliki dalam pembelajaran daring, yaitu 

1.Kurangnya interaksi antara murid dan guru

Pembelajaran daring membuat murid-murid dan guru tidak pernah bertemu,selain itu tidak berinteraksi satu sama lain, Terlebih lagi pengawasan dari seorang dosen yang berkurang, dikarenakan pembelajaran yang tidak bertemu karena adanya virus covid 19

2. Kurang Fokus belajar 

Dengan pembelajaran daring murid- murid kebanyakan mengalami kurangnya fokus yang terganggu, contohnya seperti keadaan rumah yang berisik, murid-murid yang chatingan dengan murid-murid yang lainnya ketika guru sedang menjelaskan karena tidak diawasi secara langsung dan sebagainya.

3.Jaringan yang tidak stabil

Belajar daring tentunya berkaitan dengan jaringan, dimana dengan jaringan yang tidak stabil akan membuat mahasiswa ataupun dosen mengikuti proses pembelajaran daring. Bagi murid-murid ataupun guru yang rumahnya tidak memiliki infrastruktur jaringan sering sekali mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring ini.

4.Kurangnya pemahaman terhadap materi

Pembelajaran daring membuat para murid kurang mengerti terhadap materi yang disampaikan. Dengan belajar daring, maka murid terkadang sulit untuk bertanya kepada guru tentang materi yang tidak dapat mereka kuasai secara langsung. Mungkin para murid bisa bertanya, tetapi sangat sulit untuk memahami materi apabila tidak dijelaskan secara langsung. Begitupun seorang guru yang kesulitan mengetahui apakah para murid paham atau tidak.

5.guru terkadang kesulitan memberikan nilai

Ketika belajar daring, guru sangat sulit dalam menilai perilaku, sikap, kedisiplinan seorang murid dikarenakan tidak dapat bertemu secara langsung dan melihat secara langsung bagaimana seorang mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ada.

Berikut yang dapat kami sampaikan perihal kelebihan dan kekurangan dalam melakukan pembelajaran daring atau online ditengah covid 19

 Jadi Hasil dan Pembahasan yang sudah di jelaskan pada Paragraf di atas dapat di simpulkan bahwa : 

1. Kepuasan Media Pembelajaran daring oleh Siswa dan Siswi di Indonesia dirasa cukup puas dalam Pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemi. Seperti pada Pembahasan yang menyatakan kepuasan terhadap pembelajaran Media daring oleh Siswa – Siswi terdapat 50 % Siswa – Siswi setuju karena daring adalah salah satu cara yang paling efektif dilakukan pada saat pandemic.

2. Terdapat beberapa hambatan saat melakukan Pembelajaran daring seperti masalah jaringan Internet yang tidak stabil, kurangnya pemahaman terdapat materi yang disampaikan oleh Guru, juga adanya keterbatasan waktu dan juga tidak sedikit siswa – siswi yang keberatan terkait pembelajaran daring ini dimana mereka merasa terbebani terhadap kegiatan belajar mengajar yang berbasis online ( daring ). Karena tidak semua siswa – siswi suka belajar dengan menggunakan media pembelajaran online ( daring )

 

Artikel ini dibuat oleh:

1. Utari kencana haris 

2. Mohammad Satriyo W

3.Eryansyah Alga Fernanda

4.Novi Nur Aini

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut