get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Tubuh Tanpa Kepala di Siang Bolong Gemparkan Desa Kadilangu

7 Jenis Fobia dan Pengertiannya

Kamis, 04 Agustus 2022 | 23:17 WIB
header img
Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Fobia secara umum dimaknai sebagai ketakutan yang berlebih terhadap suatu hal. Ditandai dengan rasa cemas, gelisah bahkan gangguan terhadap aktivitas sehari-hari.

Fobia sendiri dapat disebabkan oleh hal-hal yang umum hingga spesifik melalui faktor genetik maupun eksternal yang dapat memicu fobia.

Fobia sendiri tidak bisa dianggap remeh karena dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius jika tidak ditangani dengan tepat. Bahkan dapat mengganggu aktivitas sekolah, kerja dan relationship.

Beberapa jenis phobia diantaranya: 

1. Acrophobia (Takut akan ketinggian).

Jenis fobia yang dialami sebagian besar orang ini umumnya membuat penderita merasa takut akan ketinggian dari tanah yang umumnya menimbulkan pusing, sakit kepala bahkan vertigo.

2. Ophidiophobia (Ketakutan terhadap ular).

Jenis phobia selanjutnya membuat penderitanya menjerit, melompat dan menangis bahkan histeris ketika melihat ular berbisa maupun reptil.

3. Cynophobia (Takut pada anjing).

Seseorang yang memiliki Fobia satu ini akan menjauhi teman yang memelihara seekor anjing karena ketakutannya. Ketakutan ini dapat terjadi akibat faktor lingkungan maupun traumatis pernah digigit maupun dikejar anjing.  

4. Trypanophobia (Takut pada suntikan).

Sakit yang dirasakan pada jarum suntik ternyata dapat mengakibatkan traumatis yang mendalam kepada seseorang. Sebagaimana pengidap trypanophobia yang ketakutan, cemas, keringat dingin hingga pingsan saat bertemu jarum suntik.

5. Glossophobia (Takut berbicara di depan orang banyak).

Demam panggung ternyata dapat dikategorikan sebagai fobia jika memunculkan gejala yang cukup signifikan. Seperti Pusing, mual, cemas dan keringat dingin.

6. Astraphobia (Takut pada guntur dan kilat).

Fobia keenam yang kerap dirasakan oleh banyak orang yakni Astraphobia. Phobia satu ini mendeskripsikan ketakutan kepada kilat dan petir. Umumnya fobia ini muncul akibat traumatis yang dirasakan oleh pengidap.

7. Nyctophobia (Takut akan kegelapan).

Phobia ketujuh yang sering dialami banyak orang yakni Nyctophobia. Gangguan satu ini menyangkut situasi kegelapan. Orang yang mengidap penyakit tersebut akan merespon dengan takut, cemas bahkan sampai berteriak histeris jika berada dalam kegelapan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut