get app
inews
Aa Read Next : Daftar HET Terbaru Beras Premium di 8 Wilayah, Berlaku 10-23 Maret

Kiat Menjaga Nasi Agar tak Mudah Basi di Dalam Rice Cooker

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 16:57 WIB
header img
Salah satu contoh beras premium. foto : Mister Aladin

JAKARTA.iNewsSemarang- Rice cooker saat ini sudah menjadi kebutuhan penting sebagian besar rumah tangga.

Menggunakan alak penanak nasi modern tersebut selain lebih praktis, juga membuat nasi tahan lebih lama. Tidak hanya bisa digunakan untuk sekali konsumsi pada pagi hari misalnya, tapi juga bisa digunakan untuk siang dan malam harinya.

Namun, tidak sedikit yang justru kecewa menggunakan rice cooker. Ini karena nasi justru tidak bertahan lama. Alih-alih bisa digunakan sampai malam bahkan esok hari, untuk digunakan pada malam hari pun  nasi malah sudah berbau dan mengeluarkan lendir.

Selain kondisi rice cooker yang harus dipastikan masih berfugsi dengan baik, pemilihan beras dan juga cara memasak harus diperhatikan agar nasi tetap hangat dan  bisa dikonsumsi pada esok hari.

 

Berikut tips menjaga agar nasi tetap awet di dalam rice cooker

  1. Cuci beras hingga bersih

Air yang keruh ini bisa menjadi pertanda masih ada kotoran pada beras yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri dan berpotensi membuat nasi sudah matang mudah basi. Sebaiknya beras ini dicuci sampai tiga kali buangan air dan benar-benar tidak keruh air tajinnya.

  1. Jangan membuka rice cooker saat masak nasi

Proses memasak nasi dengan rice cooker sangat tergantung dari uap yang terbentuk di dalam panci rice cooker. Jika tutup dibuka, uap akan keluar dan bisa mengakibatkan nasi tidak matang sempurna. Pastikan bagian bawah pada wadah rice cooker yang akan digunakan dalam  keadaan kering sebelum memasak nasi. Buka tutup rice cooker ketika nasi sudah mulai tanak agar uap air tidak jatuh ke dalam nasi dan membuat nasi cepat basi.

Rice cooker berkualitas baik umumnya memiliki dasar panci yang tebal. Ini akan menahan dan mendistribusikan panas dengan lebih baik. Jangan sampai ada elemen yang rusak seperti penutupnya yang kendor, atau tombol cook dan warm yang tidak bekerja dengan baik.

  1. Perhatikan kualitas beras

Pemilihan produk beras yang dimasak juga berpengaruh terhadap kualitas nasi. Karenanya pastikan Anda menggunakan beras  yang berkualitas premium seperti beras keluarga bijak (BKB). Beras BKB diproses  menggunakan mesin modern dengan racikan khusus dengan standar di atas Peraturan Menteri Pertanian sehingga menghasilkan rasa  yang enak.

BKB merupakan beras kualitas harga pantas. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal harga.  (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut