get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Minggu Pagi: Luncurkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Cuaca Cerah dan Berawan

Bapanas RI Pantau Harga Pangan di Pasar Johar Semarang, Ini Hasilnya

Minggu, 30 Juni 2024 | 12:56 WIB
header img
Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa, memantau harga bahan pangan di Pasar Johar. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarag.id - Deputi  Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa, memantau harga bahan pangan di Pasar Johar, Minggu (30/6/2024). Hasil pantauan, harga maupun pasokan sejumlah komoditi pangan stabil. 

Pantauan dilakukan bersama Kepala Dishanpan Jateng Dyah Lukisari dan Sekretaris Dishanpan Kota Semarang Pranyoto. Tampak Kabid Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Dishanpan Jateng Sri Brotorini dan Koordinator Wilayah 01 Johar Supana. 

Pantauan dilakukan di Pasar Johar Selatan, yang menjual bahan pangan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, beras, daging ayam dan daging sapi. Tinjauan kemudian berlanjut di area depan Pasar Kanjengan. 

Deputi  Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa mengatakan, tujuan agenda ini untuk memonitor harga-harga bahan pangan. 

"Hasil pantauan kami, harga masih bagus, stabil. Seperti daging ayam yang berkisar Rp37.000 hingga Rp40.000 perkilogram. Masih sangat bagus bagi konsumen dan mudah-mudahan juga bagi produsen," katanya. 

Sementara itu, harga bawang putih terpantau berkisar Rp38.000 hingga Rp40.000 per kilogram. Adapun komoditas bawang putih terpantau mengalami Rp28.000 per kilogram. 

Dalam sidak tersebut, diketahui harga beras SPHP dijual Rp12.000 per kilogram. Sementara daging sapi berada di rentang harga Rp120.000-Rp135.000 per kilogram. Adapun minyak goreng tercatat berada di kisaran Rp19.000.

Terkait harga gula pasir, Ketut menyebut Bapanas telah mengeluarkan beleid terkait Harga Acuan Pembelian (HAP) sebesar Rp17.500 di tingkat konsumen.  Ia juga berharap agar harga di tingkat petani, tidak anjlok meskipun akan memasuki giling tebu. 

Ia mengatakan, terus bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut