get app
inews
Aa Read Next : Menjadikan Kampoeng Kelor sebagai Pusat Edukasi dan Wisata Terkemuka yang Menginspirasi

Amerika Umumkan Darurat Kesehatan Wabah Monkeypox

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:31 WIB
header img
Ilustrasi Virus Cacar Monyet (Foto : Pixabay)

AMERIKA, iNewsSemarang.id - Pemerintah Amerika umumkan darurat kesehatan wabah Monkeypox, seiring terjadinya peningkatan kasus.

Kegagalan Amerika dalam pemberian vaksinasi yang dinilai lambat. Serangkaian kelalaian lain dalam penanganan wabah juga menjadi penyebab naiknya angka kasus monkeypox.

"Kami siap mengambil tindakan serius terhadap penanganan wabah ini," Kata Sekretariat Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan AS Xavier Becerra saat deklarasi dikutip STAT News, Jumat (5/8).

Putusan ini diambil dua minggu setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa, cacar monyet atau monkeypox harus menjadi perhatian dunia.

Monkeypox pertama kali terdeteksi di Inggris pada pertengahan Mei lalu. Sampai sekarang tercatat telah mencapai 26 ribu kasus dari 80 negara di dunia.

Diketahui, pemerintah Amerika telah mengantongi kekuatan untuk memanfaatkan dana federal sebagai respons dari penetapan darurat kesehatan wabah Monkeypox.

"Ini sebagai upaya untuk meningkatkan pesan yang lebih serius dari sebelumnya. Sebab, banyak profesional kesehatan belum melihat kasus cacar monyet perlu penanganan lebih serius, bahkan belum jelas cara mengujinya," jelas Tom Inglesby, Direktur Pusat Keamanan Johns Hopkins.

Tom menambahkan, Dengan penetapan status tersebut kesehatan masyarakat terhadap penyebaran wabah monkeypox lebih diprioritaskan. Begitupula dengan pengujiannya.

(Mg - Awal)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut