get app
inews
Aa Read Next : Ops Ketupat Candi 2024 Lancar, Kapolda Jateng: Berkat Kekompakan dan Soliditas Semua Personel

Usung Tema "Cerdas dan Aman Bermedia Sosial", Polwan Cantik Datangi Sejumlah Sekolah di Semarang

Senin, 08 Agustus 2022 | 18:55 WIB
header img
Polwan cantik laksanakan sosialisasi dengan tema "Cerdas dan Aman Bermedia Sosial" di sejumlah sekolah di Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-74 Polwan RI yang diperingati setiap tanggal 1 September, para polwan cantik dari Polda Jateng melaksanakan program “Polwan Goes To School" dengan mengusung tema "Cerdas dan Aman Bermedia Sosial". Program tersebut direalisasikan dengan mendatangi sejumlah sekolah di Semarang, Senin (8/8/2022).

Program kunjungan ke sekolah menengah yang dipimpin Pakor Polwan Polda Jawa Tengah AKBP Dyah Trinugrahjati tersebut dilaksanakan secara bersamaan. Dyah menyebutkan, ada lima tim Polwan yang masing-masing timnya dipimpin oleh Polwan senior.

“Sebanyak lima tim turun ke sekolah, tiap sekolah satu tim dengan jumlah anggota 5-8 orang per timnya. Masing-masing tim dipimpin seorang Polwan senior berpangkat AKBP dan Kompol, yang sekaligus akan menjadi narasumber pada sosialisasi tentang penggunaan media sosial” katanya dikutip dari iNews.id Senin (8/8/2022).

Sekolah yang beruntung mendapat kesempatan dikunjungi oleh para polwan cantik tersebut yaitu SMAN 3, SMAN 5, SMAN 7, SMK N 8 serta MAN 1 Kota Semarang.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga terdapat sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif. Dan kegiatan semakin meriah saat sesi kuis berhadiah berlangsung. AKBP Sulistyoningsih, salah satu Ketua tim Polwan yang berkunjung ke SMAN 3 mengaku senang dengan kegiatan Polwan Goes To School ini. 

Menurutnya, pihak sekolah dan siswa memberikan respon yang sangat luar biasa. Dia berharap dengan diadakannya kegiatan Polwan Goes To School dapat mengedukasi pelajar masa kini untuk lebih bijak dalam bermedia sosial.

“Kami berharap siswa-siswa dapat teredukasi bagaimana cara memilih dan memilah terkait penggunaan media sosial yang dimiliki, sehingga tidak ada yang menjadi korban kejahatan di dunia maya,” tuturnya.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy juga menambahkan bahwa salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi remaja saat ini adalah dunia media sosial. Remaja saat ini memilki akses yang terbuka untuk mencari segala bentuk informasi dan berkomunikasi melalui media sosial tanpa ada batasan ruang dan waktu. Memang banyak hal positif yang dapat diperoleh melalui media sosial, namun di sisi lain banyak pula hal negatif yang mengancam, termasuk bentuk ancaman berupa kejahatan yang memanfaatkan jaringan dunia maya tersebut.

Dengan dilaksanakannya program Polwan Goes To School untuk mengajak para pelajar bijak bermedsos ini, Kombes Iqbal berharap para pelajar lebih berwaspada dan menjauhi segala bentuk muatan negatif di media sosial.

“Saya mengapresiasi program ini. Maraknya tindak kejahatan seperti penipuan dan tindak asusila yang targetnya adalah generasi muda. Ini menandakan pentingnya edukasi bagi kaum pelajar dalam menggunakan media sosial,” kata Iqbal.

“Dengan pengetahuan yang diberikan, mereka bisa lebih berhati-hati dalam mencari serta berbagi informasi termasuk juga dalam menjalin pertemanan di media sosial tersebut,” pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut