get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Perayaan Kenaikan Isa Al Masih: Berpuasa, Refleksi hingga Makan Unggas

Kirab Obang-abing, Tradisi Warga Gunungpati Semarang Usir Hama Tanaman

Senin, 08 Agustus 2022 | 20:56 WIB
header img
Kirab Obang-abing menjadi tradisi mengusir hama tanaman. foto : Taufik Budi

SEMARANG,iNewsSemarang.id-  Puluhan obang-abing, atau  orang-orangan sawah raksasa diarak oleh warga Kandri, Gunungpati, Kota Semarang, Senin (8/8/2022) siang.

Kegiatan Ini menjadi tradisi warga setempat sebagai upaya mengusir hama tanaman, sekaligus wujud syukur hasil panen yang melimpah.  

Selain obang-abing, orang-orangan sawah berbagai ukuran  juga diarak menuju lapangan desa. Di samping itu, warga juga membawa berbagai hasil panen seperti sayuran dan jagung.

Warga setempat tetap menjaga tradisi dari para leluhur yakni mengusir hama tanaman, tidak dengan cara membunuh, melainkan dengan kearifan lokal menggunakan orang-orangan sawah. Karena dipercaya, jika membunuh hama, maka hama akan datang lebih banyak lagi.

“Selain tak membutuhkan biaya besar, cara ini juga ramah terhadap lingkungan,” ujar Masduki, penyelenggara arak obang-abing.

Arak-arakan yang dihadiri oleh ribuan orang ini diiringi dengan alat musik tradisional dan rebana. Warga setempat sangat antusias menyambut arak-arakann dengan berdiri di sepanjang jalan depan rumah.

Selain warga lokal, kirab obang-abing ini juga menarik masyarakat dari luar kota yang kebetulan sedang berwisata di sana. Kirab ini menjadi agenda tahunan warga Kandri, salah satunya bertujuan untuk menjadi daya tarik wisatawan. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut