get app
inews
Aa Read Next : Abah Lala Pencipta Lagu Ojo Dibandingke Nangis Haru Lagunya Dinyanyikan Farel di Istana Merdeka

Atraksi Reog Ponorogo Ramaikan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Istana Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:30 WIB
header img
Atraksi seni Reog Ponorogo mewarnai upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka. Foto: Tangkapan Layar YouTube SETPRES

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kesenian Reog Ponorogo yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, dengan ciri khas barong, warok, bujang ganong, dadak merak dan tarian jathilan ini turut serta mewarnai upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). 

Atraksi dari kesenian Reog Ponorogo tersebut dimulai sebelum upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Setidaknya ada sekitar 15 dadak merak yang ikut menari dalam atraksi tersebut. 

Dengan iringan musik khas Ponorogo, dadak merak itu turut berlenggak-lenggok menari mengikuti irama. Begitu juga dengan para penari berbaju hitam yang dilengkapi senjata khas Ponorogo itu langsung menari saat mendengar musik pengiring khas Ponorogo.

Setidaknya 175 personel terlibat dalam atraksi tersebut. Dari jumlah itu, 150 orang di antaranya adalah seorang penari, sedangkan 25 orang lainnya sebagai pemusik. 

Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini akan ada prosesi pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti. Tak hanya itu, prosesi pengibaran Bendera Merah Putih dan atraksi flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU juga turut dilakukan dalam upacara yang digelar di Istana Negara tersebut.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut