get app
inews
Aa Read Next : Puskud Mina Baruna Deklarasi Dukung Ahmad Luthfi sebagai Calon Gubernur Jateng

10 Wisata Kuliner Semarang Paling Legendaris, Nomor 2 Sudah ada Sebelum Indonesia Merdeka

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:53 WIB
header img
Soto Bangkong, salah satu kuliner legendaris di Semarang. Foto : Instagram

SEMARANG,iNewsSemarang.id- Kota Semarang memiliki ragam wisata kuliner yang cukup terkenal karena sudah dirintis sejak puluhan, bahkan ratusan tahun lalu. Tak heran, beberapa di antaranya sudah dikelola oleh generasi keempat. Pengalaman puluhan tahun ini yang menjadikan rasanya makin maknyus.

Menariknya, aneka kuliner yang tidak tergerus zaman ini justru dijual di lokasi yang tidak mewah, jauh dari kesan glamour.  Rata-rata dijual di warung sederhana. Karenanya, masyarakat akar rumput tak segan untuk datang menikmati kuliner.

 

Berikut Daftar 10 kuliner legendaris di Semarang :

  1. Soto Bangkong

Soto Bangkong sudah cukup terkenal di Semarang. Rahasia kelezatan soto ini terletak pada resep penggunaan ayam kampung  dalam kuahnya yang gurih. Selain itu, daging ayam kampungnya dipotong kecil-kecil untuk menyiasati tekstur alotnya. Untuk rasa, dijamin pasti top. Soto Bangkong berlokasi di Ruko Bangkong Plaza Jalan Brigjen Katamso no 1 Peterongan Kota Semarang. Soto Bangkong buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB

 

  1. Toko Oen

Toko Oen telah ada sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa dan Tionghoa. Di sini kamu dapat menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, aneka es krim dan masih banyak lagi.

Uniknya, di restoran ini menyuguhkan interior klasik. Kamu seolah akan di bawa ke suasana masa lalu zaman kolonial Belanda. Harga hidangan di restoran ini bervariasi, mulai sekitar Rp15.000-Rp300.000. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 10.00 -21.00 WIB setiap hari.

 

  1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia di gang Lombok sudah sangat legendaris. Tempat makan ini berlokasi di Gang Lombok nomor 11 Purwodinatan, Semarang Tengah Kota Semarang. Pemiliknya, Purnomo Usodo, adalah generasi keempat.

Lumpia yang dijual di sini berisi rebung. Penyajiannya biasanya ditambahkan acar timun dan saus cocolan. Saat memesan makanan ini, kamu bisa memilih lumpia basah atau lumpia kering yang lebih garing. Harga satu lumpia Semarang sekitar Rp15.000. Untuk jam operasional dibuka setiap hari pukul 08.00 WIB.

  1. Babat Gongso Pak Karmin

Kelezatan Babat gongso Pak Karmin sudah tidak perlu diragukan lagi. Warung ini sudah buka sejak tahun 1971. Kamu bisa menikmati babat gongso, nasi goreng babat, jeroan dan berbagai menu lainnya yang legendaris di sini. Babat kasar diolah dengan cara direbus selama 8 jam sampai empuk. Sedangkan babat halus direbus 3 jam.

Babat Gongso Pak Karmin berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Untuk jam operasionalnya babat Gongso Pak Karmin dibuka setiap hari dimulai pukul 08.00-23.00  WIB.

 

  1. Night Culinary Kampung Semawis

Kampung Semawis bertempat di Pecinan Semarang. Di dalamnya terdapat gang yang dipenuhi oleh puluhan penjaja makanan. Pengunjung bisa menapaki jalanan lorong di pasar malam ini serta memilih kuliner yang ingin dicicipi. Jajanan street food seperti gula kapas warna-warni, telur gulung, cumi bakar, hingga makanan tradisional khas Semarang semua tersedia di sini. Beberapa kios lainnya juga menawarkan hidangan non-halal dengan berbagai olahan yang cukup bervariasi. Pasar ini berlokasi tepat di Kranggan, Jalan Gang Warung Nomor 50, Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk jam operasionalnya, pasar ini dibuka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 18.00-23.00 WIB. 

 

  1. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar berlokasi di sekitar Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Tempat makan ini telah buka sejak 1969. Sajian yang dihidangkan berupa gulai kambing yang dimasak dengan tungku kayu bakar. Untuk bumbunya memakai aneka rempah perpaduan Jawa dan Arab yang telah diwariskan secara turun-temurun. Satu porsi gulai kambing tersebut dapat kamu nikmati dengan harga mulai sekitar dRp25.000. Untuk jam operasional warung ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

  1.  Nasi Koyor Kota Lama

Nasi koyor merupakan sajian berisi nasi putih, koyor atau urat sapi, oseng kacang panjang, dan sambal. Di Semarang terdapat suatu tempat makan nasi koyor yang cukup terkenal yaitu, Nasi Koyor Kota Lama. Tempat ini telah ada sejak tahun 1955. Meski telah lama dibuka tapi rasa nasi koyor di tempat ini tak pernah berubah. Selain itu harganya juga pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp25.000.  Apabila ingin mencicipinya kamu bisa datang ke Jalan Gelatik Nomor 7, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Untuk jam operasionalnya warung ini dibuka mulai pukul 08.30-15.00 WIB.

 

  1. Leker Paimo

Jajanan legendaris ini telah eksis sejak tahun 1978. Digemari dan tambah ngehits, camilan serupa martabak atau crepes ini tersedia dalam 25 varian rasa. Mulai dari yang asin seperti tuna dan telur sosis hingga keju pisang coklat, karamel, susu, dan keju jagung manis, pengunjung dapat dengan bebas memilih. Leker Paimo berlokasi di Jalan Karang Anyar Nomor 37, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Untuk jam operasionalnya Leker Paimo buka pada hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

  1.  Warung Mangut Welut Hj Nasimah

Mangut merupakan sajian menu makanan berupa gulai encer yang pedas menggoda, dengan campuran berbagai macam bahan seperti kepala ikan manyung, belut, hingga ikan pari di dalamnya. Hidangan di Warung Mangut Welut Hj Nasimah, atau yang lebih dikenal dengan nama Warung Nasimah dijamin akan memanjakan perut dan membuat lidah bergoyang. Kuliner ini telah eksis sejak tahun 1980.  Warung Mangut Welut Hj Nasimah berlokasi di Jalan Menoreh Raya Nomor 10B, Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Untuk jam operasionalnya Warung Mangut Welut Hj Nasimah dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

 

  1. Es Puter Cong Lik

Jajanan murah meriah dan menggiurkan ini tersedia dalam beraneka ragam pilihan rasa. Ada durian, coklat, alpukat sampai kelapa. Jika kebetulan kamu main ke sini selama bulan Ramadan, opsi rasanya pasti akan lebih banyak lagi, seperti blewah, leci, nangka, kacang hijau dan juga sirsak. Es dung-dung yang disebut es puter ini terbuat dari santan yang menggantikan susu. Jadi tidak heran jika kuliner legendaris ini bertekstur kasar dengan rasa yang manis campur asin. Es Puter Cong Lik berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 11, Karang Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Untuk jam operasionalnya Es Puter Cong Lik buka setiap hari mulai pukul 18.00-22.00 WIB.

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut