Logo Network
Network

Agar Tidur Dapat Pahala, Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

Sulhanudin Attar/NET Semarang
.
Selasa, 23 Agustus 2022 | 18:28 WIB
Agar Tidur Dapat Pahala, Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur
Ada beberapa amalan sebelum tidur, agar tidur dapat pahala dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Foto Freepik

Tahukah Anda jika tidur dapat pahala? Ya, Islam memang agama yang penuh rahmat. Setiap aktivitas yang diniatkan karena Allah, akan mendapatkan pahala. Termasuk tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian.

Tentunya, agar setiap amalan yang kita lakukan mendapatkan pahala, ada ilmunya yakni sesuai dengan tuntutan syariat Islam yang diajarkan dalam Al Qur'an dan Hadist beserta sumber-sumber hukum Islam lain yang dapat kita jadikan pegangan.

Berikut ini iNewssemarang.id mengulas amalan sebelum tidur yang akan membuat tidur dapat pahala, dirangkum dari berbagai sumber.

Amalan Sebelum Tidur agar Tidur Dapat Pahala

Dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Baihaqi, Thabrani dan Bazzar; Rasulullah SAW bersabda bahwa tidur adalah temannya kematian.

Agar tidur jadi pahala, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan umat Islam sebelum tidur. Dengan mengamalkan adab sebelum tidur, kita tidak hanya mendapatkan pahala tapi juga akan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa amalan sebelum tidur agar tidur jadi pahala:

1.Berwudhu

Sebelum tidur, Rasulullah SAW mengajarkan untuk berwudhu dan dalam keadaan suci. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci," Hadis Ibnu Hibban.

Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Quran yakni surat Az-Zumar ayat 42 yang berisi tentang penjagaan Allah SWT kepada orang-orang beriman yang sedang tertidur:


اَللّٰہُ یَتَوَفَّی الۡاَنۡفُسَ حِیۡنَ مَوۡتِہَا وَ الَّتِیۡ لَمۡ تَمُتۡ فِیۡ مَنَامِہَا ۚ فَیُمۡسِکُ الَّتِیۡ قَضٰی عَلَیۡہَا الۡمَوۡتَ وَ یُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰۤی اِلٰۤی اَجَلٍ مُّسَمًّی

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan (QS Az-Zumar:42)

2. Membaca Al Fatihah dan Surat Muawwidzatain

Amalan yang perlu dilakukan umat Islam sebelum tidur selanjutnya adalah membaca Al Fatihan dan Muawwidzatain.

Al Fatihah merupakan surat yang berisi tentang memohon pertolongan dan memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT.

Setelah membaca al fatihah, berikutnya adalah membaca surat Muawwidzatain yaitu surat Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq.

Ketiga surat tersebut juga memiliki makna memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.