get app
inews
Aa Read Next : Doa di Penghujung Syaban Menjelang Ramadhan

5 Amalan Dzikir Asmaul Husna, agar Doa dan Hajat Terkabul

Jum'at, 02 September 2022 | 21:09 WIB
header img
Asmaul Husna dapat diamalkan sebagai dzikir dan doa agar hajat terkabul. Foto Ist

Amalan dzikir agar doa dan hajat terkabul ini diambil dari Asmaul Husna, yaitu 99 nama yang mencerminkan sifat dan kebesaran Allah.

Selain untuk berdzikir, setiap muslim juga dianjurkan untuk berdoa dengan menyebut nama-nama Allah. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Al-Araf ayat 180, yang berbunyi:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

Artinya: Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Pada artikel ini akan diulas amalan dzikir dan doa dari salah satu asma Allah “Al Mujib” (المجيب)

Al Mujib adalah Asmaul Husna yang ke 44, artinya: maha mengabulkan. Asma ini dapat diamalkan sebagai dzikir yang berhubungan dengan doa, agar hajat dan harapan dapat dikabulkan oleh Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Ghafir ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Amalan dzikir agar doa dan hajat cepat terkabul

Adapun agar doa yang menjadi hajat kita dapat dikabulkan oleh Allah Swt, tentunya ada adabnya, yakni mengamalkannya dengan hati yang khusu’ dan tadlarru’ lagi merendahkan diri di hadapan Sang Maha Mengabulkan.

Lantas bagaimana cara mewiridkan amalan doa dzikir supaya hajat cepat terkabul?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, asma Allah “Al Mujibu” memiliki arti Yang Maha Mengabulkan.

Allah Maha Mengabulkan artinya, Allah akan mengabulkan semua permintaan dan hajat para hambaNya sesuai yang di KehendakiNya. Karena itu, kita dapat senantiasa berdoa dan berdzikir kepada-Nya untuk memohon pertolongan dari Allah. Diantaranya, agar doa dan hajat kita dapat terkabul.

Tentu saja, hal itu juga harus diiringi dengan usaha dan ikhtiar kita sebagai manusia seperti mencari rizki yang halal. Karena rizki akan datang manakala manusia juga mau berusaha. Sama halnya dengan permintaan agar doa dan hajat kita dapat dikabulkan oleh Allah, kitapun harus terus berusaha seperti berdzikir dan diakhiri dengan berdoa untuk memohon kepada Allah.

Pada hakekatnya semua asma Allah mempunyai khasiat dan manfaat yang baik dan sangat besar faidahnya. Seperti yang dibahas di sini yakni asma Allah “Al Mujibu”. Barang siapa yang percaya dan selalu mewiridkan atau mengamalkan doa dzikir Ya Mujibu ini, dengan keyakinan dan bertawakkal kepada Allah, Insya Allah apa yang menjadi permohonan hajat kita dapat terkabul.

Bacaan doa dzikir :

Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib Ya Mujib . . . dan Seterusnya.

Cara mengamalkan :

  1. Barang siapa yang membaca lafadz (Ya Mujib) sebanyak minimal 55 kali setelah shalat subuh secara istiqomah dengan hati yang khusyu’. Maka insyaAllah segala hajatnya akan bisa dikabulkan atau ditunaikan oleh Allah. Amin.
  2. Tidak ada salahnya juga jika kita selalu mewiridkan dzikir (Ya Allah) sebanyak 5000 kali setiap hari, lebih baik setelah sholat. Sebab asma (Ya Allah) ini juga mempunyai khasiat dan manfaat yang sama seperti (Ya Mujib) yaitu agar keinginan kita dapat dikabulkan oleh Allah. Amin.
  3. As Samii artinya Yang Maha Mendengar. Khasiat dan manfaat dari doa dzikir Ya Samii sangat luarbiasa sekali. Apabila dibaca Ya Samii sebanyak minimal 500 kali setiap hari kamis sesudah selesai mengerjakan saat dluha dua rakaat. maka segala hajat kita akan dapat dikabulkan dan tercapai berkat kehendak Allah. amin.
  4. Apabila doa anda ingin menjadi mujarrab. Maka dzikir lafadz Ya Samii dibaca sebanyak-banyaknya setiap hari. Maka insyaAllah doa tersebut akan didengar oleh Allah sehingga doa anda akan menjadi mujarrab dan dapat dikabulkan Amin.

Khasiat yang lain :

5. Apabila kita mewiridkan membaca asma (Ya Mujibu) sebanyak 521 kali sesudah shalat isyak dan diikuti surat Alfatihah. Maka insyaAllah segala masalah berat akan berjaya diatasi.

Itulah amalan dzikir dan sekaligus khasiat dari Asmaul Husna agar hajat dapat terkabul. Semoga dengan senantiasa mengamalkan dzikir asma Allah, kita senantiasa mendapat perlindungan, ampunan dan rahmatNya.

Wallahualam bisyhowab

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut