get app
inews
Aa Read Next : Charles III Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris

Dimusuhi Negara Barat, Putin Justru Pemimpin Dunia Pertama yang Beri Selamat ke Raja Charless III

Minggu, 11 September 2022 | 09:41 WIB
header img
Raja Charles III diproklamirkan sebagai pemimpin monarki Inggris yang baru oleh Dewan Aksesi. Foto: Reuters

MOSKOW, iNewsSemarang.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi pemimpin dunia pertama yang memberikan ucapan selamat kepada Raja Charles III setelah aksesi takhta pada Sabtu (10/9/2022). Padahal, Presiden Rusia itu tengah dimusuhi oleh negara Barat karena keputusannya menginvasi Ukraina. Namun hal itu tak menghalangi niatnya mendoakan Raja Inggris yang baru tersebut. 

Surat kabar Inggris The Telegraph membeberkan, Vladimir Putin mengirimkan ucapan selamat dan mendoakan Raja Charles III agar dia diberi kesuksesan dan kesehatan. Diketahui, ucapan dan doa tersebut ia kirimkan melalui Telegram. 

Menurut surat kabar itu, Presiden Putin dan Raja' Charles III telah bertemu beberapa kali, termasuk saat kunjungan kenegaraan Putin ke Inggris pada 2003.

Raja Charles III resmi diproklamasikan sebagai pemimpin monarki Inggris yang baru di Istana St James, London, kemarin. Dia menggantikan sang ibu, Ratu Elizabeth II, yang wafat pada Kamis (8/9/2022), di usia 96 tahun. Charles sempat mendampingi Ratu Elizabeth II di masa-masa terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin monarki Inggris terlama yang berkuasa yakni lebih dari 70 tahun.

Meski demikian upacara pada Sabtu baru sebatas pengumuman resmi Charles sebagai raja baru Inggris, sementara penobatan akan digelar di kemudian hari. Bahkan Ratu Elizabeth II baru dinobatkan sebagai ratu 16 bulan setelah diproklamirkan atau pada 1953. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut