get app
inews
Aa Read Next : Viral Sopir Kejar Truk yang Melaju Tanpa Pengemudi di Jalan Tol Kalikangkung

Tarif Tol Termurah di Dunia, Ada yang Gratiskan untuk Warga Berpenghasilan Rendah

Minggu, 18 September 2022 | 04:59 WIB
header img
Sebagai negara kaya penghasil minyak, Arab Saudi menggeratiskan tarif jalan tol bagi warga berpenghasilan rendah (Ist)

Sebagian besar negara di dunia memiliki jalan bebas hambatan atau jalan tol untuk memperlancar konektivitas antar wilayah. Tapi tahukah Anda, ada beberapa negara yang memberikan tarif tol termurah dan bahkan gratis.

Setiap negara tentunya memiliki kualitas jalan tol yang beragam, begitu juga dengan tarifnya. Lantas, negara mana saja yang memiliki tarif tol termurah di dunia? Berikut daftarnya, dirangkum pada, Minggu (18/9/2022).

1. Uni Emirate Arab

Sebagai negara yang kaya raya, Uni Emirate Arab tampaknya tidak butuh penghasilan tambahan dari tarif jalan tol. Negara yang satu ini hanya mengenakan tarif tol sebesar AED 5.25 atau sekitar Rp20.000 kepada warganya.

Ini berlaku untuk sistem jalan tol elektronik di Dubai, Uni Emirat Arab, yang mencakup 8 gerbang tol, antara lain Jembatan Al Garhoud, Al Mamzar Selatan, Al Mamzar Selatan, Al Safa, Al Barsha, Al Maktoum, Gerbang Terowongan Bandara, dan Jabel Ali.

2. Thailand

Negeri Gajah Putih, Thailand menjadi negara dengan tarif jalan tol termurah di ASEAN. Jika dibandingkan dengan Indonesia, perbandingannya sangat jauh. Di sana, tarif jalan tol berada di kisaran Rp440/km.

Misalnya saja tol dari Bangkok ke Pattaya yang berjarak lebih dari 140 km. Pemerintah Thailand hanya mengenakan tarif 105 bat atau setara dengan Rp42.000. Tarif ini menjadikannya yang termurah di ASEAN.

3. New Zealand

Negara dengan tarif tol termurah selanjutnya adalah New Zealand. Berdasarkan laporan Budget Direct, posisi New Zealand sebagai negara dengan tarif tol termurah tepat berada satu tingkat di atas Uni Emirat Arab. Jika Uni Emirate Arab mengenakan tarif jalan tol sekitar Rp20.000, New Zealand mengenakan tarif $2 atau setara Rp28.000 saja. Ini berlaku di tiga gerbang tol yang ada di negara tersebut.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut