get app
inews
Aa Read Next : Punya Antibodi Covid-19 Akan Sia-sia Jika Tidak Vaksin, Ini Alasannya

Kemenkes Sebut Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri, Ini Alasannya

Senin, 19 September 2022 | 21:00 WIB
header img
Kemenkes menyatakan penyakit monkeypox atau cacar monyet dapat sembuh sendiri. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril mengungkapkan jika pasien terpapar monkeypox atau cacar monyet dapat sembuh sendiri (self-limiting disease). Ini terjadi jika pasien tidak mengalami infeksi parah dan memiliki penyakit bawaan. 

"Kalau treatment pasien ini karena virus nah penyakit ini sebenarnya bisa sembuh sendiri kalau tanpa komorbid dan infeksi sekunder atau kondisi parah," kata dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara live di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022)

Syahril membeberkan alasan pasien cacat monyet dapat sembuh sendiri ini dikarenakan lesi atau luka dari cacar monyet akan pecah. Kemudian mengelupas dan kering sendiri jika dalam keadaan tanpa beban penyakit tertentu atau bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Syahril juga menghimbau kepada masyarakat apabila ada yang merasakan atau memiliki gejala-gejala dari penyakit cacar monyet diminta untuk segera melakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan terdekat. Contoh kasus pertama di Jakarta ini, merupakan inisiatif pasien karena merasa mengalami gejala seperti cacar monyet.

Pria tersebut dinyatakan positif pada Jumat (19/8/2022) malam, setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR. Pasien hanya mengalami gejala ringan.

"Kebetulan pasien ini memiliki tingkat kesadaran yang baik dan tinggi sehingga melakukan kesigapan untuk memeriksakan sendiri," pungkas Syahril.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut